atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Wikipedia Pilih Perempuan Cantik Ini Jadi Bos Baru

By Atjehcyber.net on 5/09/2014 | 17.30


Florida - Satu lagi perempuan cantik siap menduduki posisi puncak di perusahaan teknologi online terkemuka. Setelah Yahoo menghadirkan 'penyegaran' dengan menempatkan Marissa Mayer sebagai CEO beberapa waktu lalu, kini giliran Wikimedia Foundation (WMF) yang menunjuk Lila Tretikov menjadi direktur eksekutif baru.

Tretikov akan efektif memimpin WMF, perusahaan yang berada di belakang situs ensiklopedia online terbesar Wikipedia, per 1 Juni 2014. Perempuan 36 tahun berdarah Rusia ini akan menggantikan pejabat sebelumnya, Sue Gardner, yang sudah memimpin Wikipedia selama tujuh tahun.

Dalam rilis resmi WMF, Tretikov disebut bukanlah merupakan salah satu editor Wikipedia, namun ia adalah pembaca setia Wikipedia selama bertahun-tahun.

Salah seorang direktur Wikipedia, Jan-Bart De Vreede, juga menyebutkan bahwa Tretikov merupakan pemimpin yang luar biasa dengan hasrat untuk pengetahuan, latar belakang teknis dan produk yang mendalam, serta pendekatan kolaboratif yang tinggi, demikian lansir Softpedia.

Penunjukkan Tretikov juga melewati waktu yang panjang dan sulit setelah Gardner mengumumkan pengunduran diri pada Maret tahun lalu. WMF langsung membentuk 'tim transisi' untuk mencari pengganti Gardner dan mereka membutuhkan waktu satu bulan untuk menyewa perusahaan pencari eksekutif, m/Oppenheim Associates.

Selama beberapa bulan, m/Oppenheim menyerahkan daftar kandidat potensial kepada 'tim transisi' yang langsung melakukan tahap penyeleksian. Kemudian jajaran direktur melakukan penyegaran semua proses dan mencari kandidat baru dimana Tretikov akhirnya berhasil memenangkan proses seleksi tersebut.

Sebelum ditunjuk sebagai direktur eksekutif WMF, Tretikov bekerja di perusahaan software SugarCRM dengan jabatan terakhir sebagai chief product officer sekaligus wakil presiden bidang rekayasa. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox