atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

8 Ulah Manusia yang Sebabkan Rusaknya Alam Sekitar

By Atjehcyber.net on 6/07/2014 | 08.00


Tidak semua sumber daya alam dapat diperbarui dan akan habis di suatu saat nanti. Namun ada beberapa kebiasaan manusia yang justru dapat menghancurkan alam sekitar.

Manusia memang selalu berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk serta kemajuan zaman. Memang ada sisi positifnya, namun segi negatifnya adalah alam menjadi imbas dari keserakahan manusia itu sendiri.

Berikut adalah beberapa hal yang disebabkan oleh manusia yang dapat merusak sekaligus menghancurkan alam beserta sumber daya yang ada di dalamnya.

1.Menggunakan energi listrik terlalu banyak
Kebiasaan ini, baik besar maupun kecil menjadi kontribusi akan rusak dan menyusutnya sumber daya alam.

Contoh kecil saja seperti meninggalkan komputer di sepanjang malam, menghidupkan lampu pada saat Anda tidak berada dalam ruangan dan banyak lainnya.

2.Menggunakan air terlalu berlebihan
Memang ada negara-negara yang dianugerahi oleh Tuhan berupa limpahan air bersih yang sangat banyak, namun ada pula negara-negara yang untuk mendapatkan air bersih saja harus berjalan puluhan kilometer atau melakukan sesuatu yang sangat berat.

Untuk sekarang ini, memang air bersih masih dapat dan banyak ditemui, namun bukan berarti sampai kapanpun air bersih akan terus ada. Contoh-contoh kebiasaan buruk yang berhubungan dengan air bersih antara lain, membiarkan air mengalir pada saat menyikat gigi atau mencuci piring, penyiraman rumput terlalu banyak ketika tidak diperlukan dan banyak lagi lainnya.

3.Membuang sampah yang tidak dapat diurai
Sampah adalah salah satu masalah bagi manusia, khususnya di era modern ini. Banyak kategori sampah yang menjadi tugas penting dari setiap negara di dunia. Namun dari kategori sampah tersebut, ada sampah yang tidak dapat diuraikan dan dapat mengakibatkan pencemaran serta kotornya lingkungan hidup, contohnya plastik, karet dan lainnya.

Pembuangan sampah secara sembarangan selain dapat mengakibatkan banjir, wabah penyakit dan kotor, sampah-sampah yang tidak dapat diurai tersebut juga akan menjadi permasalahan besar bagi lingkungan apabila jumlahnya sudah tidak dapat ditangani lagi.

4.Polusi udara
Penyebab polusi udara ada berbagai macam, dua di antaranya adalah karena pembuangan asap pabrik dan juga dari kendaraan bermotor. Saat ini, jumlah kendaraan bermotor di dunia sangatlah banyak dan tidak sedikit orang yang memilikinya.

Walaupun dari segi strata sosial, orang yang memiliki mobil akan terlihat status sosialnya, namun secara tidak sadar mereka menyumbang emisi karbon di udara karena pembakaran bahan bakar di dalam mesin yang menjadikan polusi. Seperti contohnya saja di China.

5.Emisi karbon dari pesawat terbang
Menurut penelitian, pesawat terbang memancarkan lebih banyak emisi karbon ke udara dibandingkan mobil. Dari emisi karbon tersebut, maka dipercaya menjadi satu penyebab munculnya pemanasan global.

6.Produksi kertas secara besar-besaran
Kertas memang sangat diperlukan di era sekarang ini, walaupun teknologi nirkabel yang didukung perangkat portable juga sudah ada. Namun di sisi lain, pembuatan kertas setidaknya membutuhkan bagian dari pohon sebagai seratnya. Oleh karenanya, dibutuhkan banyak pohon ketika kertas diproduksi dalam jumlah besar.

7.Pembuangan alat-alat elektronik
Ketika era sudah berubah dan zaman berganti, tentu saja hal itu diikuti dengan perubahan benda-benda elektronik yang sebelumnya banyak digunakan.

Ketika banyaknya inovasi dan munculnya produk elektronik baru, secara otomatis barang-barang elektronik lama menjadi tidak terpakai. Dari hal tersebut, banyak orang yang membuat benda-benda elektronik mereka karena tidak terpakai.

Sayangnya, dengan pembuangan benda-benda elektronik tersebut, ada beberapa hal yang mengakibatkan lingkungan rusak, salah satu contohnya adalah komponen di dalam produk tersebut dapat mencemari tanah dan air karena korosi.

8.Penebangan pohon secara liar
Penebangan pohon secara liar juga merupakan salah satu bentuk dari ulah manusia dalam menghancurkan diri sendiri sekaligus alam. Karena dengan menebang pohon tanpa menanaminya kembali, imbas dari aksi tersebut juga akan mengenai manusia sendiri, contohnya banjir. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox