atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Akses Facebook, Twitter Hingga Google Tak Lagi Gratis

By Atjehcyber.net on 6/05/2014 | 10.00


Google, Facebook, Twitter atau juga lainnya yang memiliki kaitan dengan internet adalah beberapa hal yang sangat digemari oleh pengguna dunia maya di seluruh dunia.

Bahkan agar layanan dan produknya 'laris manis,' beberapa perusahaan tersebut menawarkan akses gratis kepada para pelanggan atau pengguna internet di seluruh dunia, tentunya harus melalui operator selular dan ISP setempat dalam pengaksesannya.

Sayangnya, hal-hal gratis itu nampaknya tidak dapat lagi dinikmati oleh para pengguna internet di Chile. Pemegang regulasi komunikasi dan internet di Chile telah mengumumkan peraturan baru yang melarang para operator seluler untuk menawarkan layanan dari para perusahaan seperti Google, Facebook atau lainnya.

Hal itu difungsikan agar masyarakat di Chile tidak lagi menjadi sapi perahan para perusahaan raksasa dunia dan menjadikan aktivitas mereka tersita untuk mengakses dunia maya saja.

Dikutip dari Pando Online (30/05), dengan peraturan tersebut, maka masyarakat di Chile yang ingin mengakses Google, Facebook, Wikipedia, Twitter atau juga ingin menggunakan layanan mobile seperti WhatsApp harus membayar lebih.

Tentunya, ada pro dan kontra akan hal ini. Pihak yang pro akan mengatakan bahwa apa yang dilakukan pemerintah Chile tersebut merupakan tindakan nyata dan berani melawan agresi dan upaya pemerasan secara perlahan dari perusahaan raksasa dunia terhadap masyarakatnya.

Namun pihak yang kontra berpendapat bahwa dengan mematikan akses gratis seperti itu justru akan menjadi sebuah blunder dan akan mematikan sisi intelektual, teknologi dan segalanya bagi masyarakat Chile. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox