atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Arkeolog Spanyol Temukan Makam Fir'aun

By Atjehcyber.net on 6/12/2014 | 19.30


Luxor - Arkeolog Spanyol mengklaim telah menemukan sebuah makam Fir'aun dinasti ke-11 berusia 4.000 tahun.

Mohamed Ibrahim, menteri barang antik Mesir, mengatakan permukaan makam yang luas menunjukan seorang negarawan atau keluarga kerajaan dimakamkan di tempat itu.

Jose Galan, yang memimpin tim arkeolog itu, mengatakan makam itu akan memberikan wawasan baru bagi dinasti yang memerintah Luxor, situs modern di Thebes -- ibu kota Mesir kuno.

"Penemuan ini menegaskan kehadiran banyak makam dinasti ke-11 di wilayah Deraa Abu Naga," ujar Galan.

Satu makam pada periode yang sama juga ditemukan di wilayah ini lima tahun lalu. Makam berisi sarkofagus merah, mumi terawat baik, panah dan lengkungan, yang sekarang dipamerkan di museum Luxor.

"Makam itu mungkin telah digunakan sebagai kuburan massal, mengingat banyaknya kerangka manusia di dalamnya," ujar Ali al-Asfar, pejabat kementerian barang antik.

Luxor adalah kota berpenduduk 500 ribu orang di tepi Sungai Nil, Mesir selatan. Bagi arkeolog, kota ini adalah museum terbuka, karena kuil rumit dan makam Fir'aun terhampar sedemikian rupa, dan bisa dinikmati dari udara. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox