atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Astronom Temukan 'Berlian' Seukuran Bumi!

By Atjehcyber.net on 6/28/2014 | 00.10


California - Para astronom menemukan sebuah bintang mungil seukuran Bumi dengan warna putih menyerupai berlian. Seperti apa?

Sekelompok tim peneliti telah mendeteksi bintang berukuran kecil menyerupai Bumi dengan suhu terdingin.

Selama berabad-abad, konten karbon dari bintang purba tersebut telah mengkristalisasi, sehingga membentuk semacam berlian dengan ukuran sebesar Bumi.

"Objek ini merupakan hasil temuan yang luar biasa, dan juga sukar untuk ditemukan," terang Profesor David Kaplan, guru besar di University of Wisconsin-Milwaukee seperti dilansir IBTimes.

Berlian luar angkasa tersebut ditemukan oleh Profesor Kaplan dan koleganya dengan menggunakan perangkat Green Bank Telescope (GBT) milik National Radio Astronomy Observatory's (NRAO).

Bintang-bintang mungil biasanya mengandung karbon dan oksigen. Suhunya pun biasanya sudah mulai mendingin.

Sementara objek misterius yang baru ditemukan ini berusia sekitar 11 miliar tahun, sama seperti usia galaksi Bima Sakti.

Untuk suhunya, 'berlian raksasa' ini diperkirakan berkisar 2.700 derajat Celsius. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox