atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Awas, Asteroid Raksasa 'Siap' Hantam Bumi

By Atjehcyber.net on 6/08/2014 | 20.00


Meteor yang menghantam Bumi pada umumnya akan habis terbakar di atmosfer saat jatuh menuju bumi. Tapi tampaknya hal tersebut tidak akan terjadi kali ini, karena benda langit yang kini tengah terbang ke planet kita itu setara dengan sebuah gedung bertingkat.

Dengan lebar 1000 kaki atau sekitar 300 meter, meteor yang sudah tergolong dalam kelompok asteroid ini diberi nama "Beast" atau hewan buas oleh NASA. Yang lebih mengkhawatirkan, Beast tengah terbang mendekat dengan kecepatan 50.400 kilometer per jam.

Padahal, salah satu kendaraan tercepat di muka bumi, mobil Formula One kecepatan maksimalnya hanya sekitar 400 kilometer per jam. Jadi asteroid ini memiliki kecepatan 126 kali lebih cepat dari mobil yang biasa ditunggangi oleh Michael Schumacher itu.

Berbekal kecepatan kilat, NASA menyatakan jika asteroid tersebut bisa memicu ledakan sebesar 2000 megaton saat menghantam bumi. Hal ini setara dengan ledakan 10.000 hulu ledak nuklir. Tentunya ledakan tersebut cukup kuat untuk menghancurkan satu kota metropolitan seperti New York.

Untungnya, angkasawan NASA, Don Yeomans meyakinkan jika asteroid Beast tersebut kemungkinan besar tidak akan menabrak bumi. Meskipun berada di titik terdekatnya dengan bumi pada tanggal 8 Juni besok, asteroid tersebut masih cukup jauh dan masih berjarak 1,25 juta kilometer dari bumi atau 3 kali jarak antara bumi dan bulan.

Dikutip dari Daily Mail (7/6), asteroid tersebut pertama kali di temukan pada tanggal 23 April tahun 2014 oleh sebuah teleskop luar angkasa yang diluncurkan untuk misi NEOWISE yang bertugas mengawasi komet dan asteroid di sekitar bumi. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox