atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Badan Intelijen Amerika 'Koleksi' Jutaan Wajah

By Atjehcyber.net on 6/06/2014 | 08.00


Nampaknya Badan Intelijen milik Amerika Serikat atau yang lebih dikenal dengan NSA, tidak hanya gemar menyadap komunikasi telepon saja. Baru-baru ini mereka kembali ketahuan mengunduh jutaan wajah dari internet. Untuk apa?

Berdasar bocoran dokumen dari Edward Snowden, NSA telah menggunakan semacam software pengenal wajah untuk memindai foto di internet untuk kemudian dicocokkan dengan wajah para 'tersangka' yang sedang di investigasi oleh NSA, Engadget (1/6).

Seperti yang dilansir oleh New York Times (1/6), foto-foto yang diambil ternyata tidak hanya dari foto-foto yang bebas beredar di internet. NSA mengambil foto-foto hasil 'pembajakan' dari email, perpesanan, jejaring sosial, hingga video call.

Foto-foto itu nantinya akan digunakan untuk menentukan apakah orang di foto tersebut memiliki passport yang sah. Uniknya, NSA bisa mengumpulkan foto sangat banyak untuk satu orang saja, mulai dari wajah yang 'bersih' hingga yang berjenggot. Mereka pun bisa memakai foto tersebut untuk mencari lokasi terbaru dari orang tersebut, layaknya di film-film intelijen Hollywood.

Dokumen tersebut juga menyatakan jika pada tahun 2011 saja NSA bisa mengunduh sekitar 55.000 wajah dari jutaan kandidat per harinya.

Sama dengan aksi penyadapan telepon atau perpesanan, aksi pengunduhan foto-foto pribadi ini seharusnya mendapat izin terlebih dahulu dari pengadilan. Akan tetapi, karena belum adanya peraturan yang secara detail menyatakan aksi pembajakan foto ini tergolong tindakan ilegal, NSA pun sepertinya masih akan bisa melakukan aksi tersebut secara 'bebas'. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox