atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif?

By Atjehcyber.net on 6/27/2014 | 08.00


Anda kadang-kadang merasa tidak mampu berpikir positif? Memang, berpikir positif terkadang susah dipraktikkan.

Ada faktor manusia selalu memiliki naluri untuk berpikir negatif yang dapat bergerak tanpa disadari. Namun, berpikir positif itu tidak sulit dilakukan asal kita konsisten untuk selalu mengupayakan. Berikut hal-hal yang dapat kita lakukan agar kita selalu mampu berpikir positif

1. Berusaha untuk berpikir positif. Apabila sudah berusaha berpikir positif, kita akan dengan mudah menentang pikiran-pikiran negatif. Sekecil apa pun sisi positif pikiran kita, ia akan berkembang dengan sendirinya. Hal ini terkait dengan kesehatan jiwa seseorang dalam meningkatkan kemampuan berpikir positif dan meminimalkan pikiran negatif.

2. Beranilah mengubah sesuatu. Mengubah sesuatu yang menghambat menjadi sebuah tantangan yang harus dilalui.

3. Bergaul dengan orang-orang yang berpandangan positif dan bahagia. Perbanyak bergaul dengan orang sukses, keluarga harmonis, orang yang selalu riang gembira, atau orang yang berpandangan luas. Jangan bergaul secara intens dengan orang yang sering mengeluh dan berpandangan negatif untuk mencegah kontaminasi energi negatifnya.

4. Menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai inti. Artinya? Mengenali dan mencoba menjalani hidup sesuai nilai-nilai inti, seperti nilai kejujuran, kasih sayang, tanggung jawab, disiplin, rendah hati, kesopanan, kerja sama. Ini menuntun kita kepada kepuasan dan rasa syukur yang lebih besar. Akhirnya kebahagian dan kesuksesan akan dapat kita raih.

5. Selalu bersyukur atau memaknai apa yang ada, itu merupakan kata kunci agar kita dapat berpikir positif. Jika kita menghargai kemampuan kita dan kemampuan orang lain, lama kelamaan kita mendapatkan energi yang semakin membangkitkan potensi kita.

6. Mencari bacaan di mana terkandung nilai positif. Perbanyak membaca buku, atau juga tontonan yang mengandung nilai positif. Dengan cara ini lama kelamaan pikiran kita akan semakin didominasi pikiran positif. Namun, bukan berarti kita tidak boleh menonton atau membaca berita atau informasi yang negatif. Boleh saja itu dilakukan hanya sebatas untuk diambil nilai positifnya agar kita waspada dan hati-hati.

7. Katakan "aku mampu". Jangan teruskan kalimat tersebut dengan mengatakan atau berpikir "tetapi...". Sebab kata "tetapi" adalah suatu doa yang menggagalkan semangat positif kita dan itu biasanya akan terjadi karena fokus sudah pada hal yang negatif itu.

Dengan memahami manfaat dari kemampuan berpikir positif dan dampak buruknya pikiran negatif, maka selayaknya kita senantiasa ingat pada kata-kata orang bijak "berpikir positiflah dalam keadaan apa pun, kau akan mendapat hasil yang positif pula". (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox