atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Belajar Bahasa Kedua Menunda Demensia!

By Atjehcyber.net on 6/05/2014 | 19.30


Edinburgh -- Peneliti Universitas Edinburgh mengungkapkan belajar bahasa kedua memiliki efek positif bagi perkembangan otak, kendati dilakukan saat dewasa.

Bahkan, menurut penelitian yang dipublikasikan Annals of Neurology ini, menjadi bilingual -- atau memiliki kemampuan berbicara dua bahasa asing -- menunda demensia beberapa tahun.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah mempelajari bahasa baru meningkatkan fungsi kognitif, atau apakah individu dengan kemampuan kognitif yang lebih baik saja yang bisa menguasai dua bahasa.

Dr Thomas Bak, dari pusat Centre for Cognitive Ageing and Cognitive Epidemiology di University of Edinburgh, mengatakan jutaan orang di seluruh dunia mendapatkan bahasa kedua saat dewasa.

"Studi kami memperlihatkan menguasai dua bahasa, meski bahasa kedua dipelajari saat dewasa, bermanfaat bagi penundaan penuaan otak," ujar Dr Bak.

Menggunakan data tes kecerdasan 262 individu berusia belasan sampau puluhan tahun, studi ini memperlihatkan sebagian besar mampu berkomunikasi dengan lebih dari satu bahasa. Studi ini dilakukan antara tahun 2008 sampai 2010.

Studi juga mengungkapkan mereka yang memiliki kemampuan berbicara dalam dua bahasa, atau mungkin lebih, memiliki kemampuan kognitif signifikan dibanding yang hanya bicar satu bahasa. Efek terkuatnya pada kecerdasan umum dan membaca. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox