atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ditemukan Jenis Laba-laba Pemangsa Ikan

By Atjehcyber.net on 6/22/2014 | 10.30


Basel - Tim ilmuwan dari Swiss dan Australia telah menemukan beberapa jenis laba-laba yang menangkap dan memangsa ikan.

Laba-laba secara tradisional dipandang sebagai serangga pemangsa, tapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa kebiasaan memangsa ikan tersebar luas di antara spesies yang hidup di dekat air.

Dalam beberapa kasus, serangga ini menggunakan racun kuat untuk membunuh ikan yang berukuran lebih besar dari mereka.

BBC melansir, Martin Nyffeler dari Universitas Basel, Swiss, dan Bradley Pusey dari Universitas Western Australia berkumpul dan mendokumentasikan berbagai insiden dimana laba-laba menangkap ikan.

Ulasan mereka atas bukti-bukti itu menunjukkan bahwa sebanyak lima keluarga laba-laba memangsa ikan kecil di sungai dan tiga keluarga lain menangkap ikan dalam kondisi laboratorium.

Laba-laba semi akuatik ini biasanya berburu di aliran air tawar dangkal, kolam atau rawa. Sebagian bisa berenang, menyelam dan berjalan di permukaan air.

Namun, pada umumnya mereka memiliki racun syaraf dan enzim yang membuat mereka mampu membunuh dan mencerna ikan yang lebih besar dan lebih berat dari tubuh mereka.

Rincian dari studi oleh tim Swiss-Australia ini pun telah diterbitkan di jurnal sains Plos One. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox