atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Drone tak Cocok untuk Indonesia

By Atjehcyber.net on 6/29/2014 | 21.30


Penggunaan pesawat pengintai nirawak atau drone dinilai tidak efisien dan efektif untuk menjaga wilayah maritim Indonesia. Pengamat militer Nurcahaya Tandang mengatakan, pengawasan wilayah melalui satelit dinilai lebih efektif ketimbang menggunakan drone.

"Tidak usah beli drone. Cukup memperkuat satelit kita," kata Tandang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/6).

Ia menjelaskan, jangkauan drone yang sangat terbatas kurang optimal untuk mengawasi wilayah Indonesia yang luas. Menurutnya, drone hanyalah pendukung dan tidak bisa dijadikan alat utama dalam sistem monitoring wilayah. Drone sifatnya sewaktu-waktu saja untuk pengambilan gambar atau mendeteksi sesuatu.

"Untuk kebutuhan yang senantiasa memantau, memetakan kekayaan Indonesia, mengawasi NKRI di udara, laut, dan darat, dibutuhkan satelit," terang dosen intelijen strategis Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

Penggunaan drone untuk pengawasan wilayah maritim Indonesia digagas oleh calon presiden (capres) nomor urut 2, Joko Widodo alias Jokowi dalam debat capres sesi ketiga, Minggu (22/6) malam. Jokowi menilai drone dibutuhkan untuk pertahanan militer, mengetahui pencurian ikan hingga pembalakan liar. (*/jpnn)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox