atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Google Berdayakan Perempuan untuk Jadi Programmer

By Atjehcyber.net on 6/21/2014 | 16.30


CALIFORNIA - Google menggelontorkan hingga USD50 juta untuk mengajarkan perempuan muda bagaimana menjadi programmer yang handal. Mereka akan dilatih untuk pekerjaan coding atau pengkodean.

Dilansir Time, Jumat (20/6/2014), bulan lalu, raksasa mesin pencari ini mengumumkan bahwa hanya 17 persen dari karyawan teknologinya yang berjenis kelamin perempuan. Hampir sebagian besar pekerja coding di seluruh perusahaan teknologi diisi oleh laki-laki.

Diprediksi, ada 1,4 juta pekerjaan komputasi yang tersedia pada 2020. Namun, hanya sekira 400 ribu lulusan ilmu komputer atau computer-science dari universitas di Amerika Serikat yang mengisisi posisi 'tukang coding'.

Perusahaan teknologi harus memberdayakan lulusan computer-science dari kalangan perempuan dan mereka harus merekrut lebih banyak 'talent' teknisi untuk mendukung kemajuan perusahaan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Google baru-baru ini mengumumkan website Made With Code.

"Pengkodean merupakan kemampuan dasar yang menjadi bagian dari hampir segalanya. Jadi, untuk anak muda yang benar-benar ada di tingkat minimum, bisa mengekspresikan mereka dalam pengkodean dan membuatnya merasa percaya diri," kata Megan Smith, VP Google.

Google menginvestasikan proyek ini untuk memberdayakan perempuan, sekaligus membuat riset mengapa perempuan memilih keluar dari belajar mengenai pengkodean. Menurut riset, jumlah mahasiswi jurusan (computer-science) ilmu komputer menurun drastis sejak 1984. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox