atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ilmuwan Deteksi Sinyal Misterius dari Luar Angkasa

By Atjehcyber.net on 6/30/2014 | 00.10


Pencarian kehidupan selain di bumi, mulai bertahun-tahun lalu telah dilakukan dengan tanpa hasil. Namun, baru-baru ini ada satu hal yang membuat heboh para astronom karena kemunculan satu hal misterius dari luar angkasa.

Mungkin apabila ditotal, ada ratusan triliun telah dihabiskan untuk biaya penelitian serta pembuatan alat-alat yang digunakan untuk mencari keberadaan makhluk lain atau juga kehidupan di luar bumi.

Sayangnya, dari waktu, tenaga sampai dengan dana yang banyak dihabiskan tersebut, tidak ada hasil yang cukup menggembirakan dituai dari luar angkasa.

Akan tetapi, seperti dikutip dari Daily Mail (25/06), secara tiba-tiba muncul lonjakan sinyal sinar-X yang terdeteksi berasal dari cluster Perseus dengan jarak 240 juta tahun cahaya dari bumi.

Cluster Perseus merupakan struktur terbesar dari jagat raya ini yang berisikan banyak sekali galaksi di dalamnya. Para ilmuwan memperkirakan bahwa sinyal sinar-X tersebut merupakan luruhan dari neutrino steril di dalam materi gelap atau dark matter.

Materi gelap sendiri merupakan materi yang tidak dapat menyerap atau juga memancarkan cahaya. Bahkan materi ini tidak dapat dilihat secara langsung walaupun menggunakan teleskop. Sedangkan neutrino steril merupakan jenis partikel neutron yang akan memancarkan sinar-X ketika luruh.

Apabila apa yang diprediksikan para peneliti benar tentang sinyal sinar-X misterius tersebut berhubungan dengan luruhnya neutrino steril serta materi gelap, maka akan menjadi satu penemuan yang besar di tahun ini karena sampai selama ini belum ada bukti yang mendekati benar tentang keberadaan materi gelap tersebut. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox