atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ilmuwan Temukan Planet Godzilla Bumi

By Atjehcyber.net on 6/06/2014 | 14.00


CALIFORNIA - Harvard Smithsonian Center for Astrophysics bersama dengan dua peneliti mengumumkan telah menemukan sebuah planet yang sangat menakjubkan. Penemuan planet yang dilakukan pada 2 Juni lalu ini dikatakan sebagai “Godzilla of Earth”.

Planet tersebut bernama Kepler-10c, terletak di konstelasi Draco, pada jarak sekitar 560 tahun cahaya daru bumi, menurut Harvard-Smithsonian.

Planet ini memiliki ukuran yang cukup mengesankan yakni berdiameter sekitar 18.000 mil. Kepler pun dikatakan memiliki berat 17 kali lipat lebih berat dari Bumi karena isinya yang hampir keseluruhan adalah batu.

Dalam laman website resmi Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, terdapat penjelasan yang bertentangan dengan asumsi awal yang mengatakan bahwa benda langit ini akan menarik gas hidrogen dan menjadi seperti Jupiter karena ukuran dan beratnya.

Planet Super Bumi, nama lain dari planet ini, sebenarnya telah ditemukan oleh astronom sejak lama. Selain itu, karena ukuran dan beratnya yang mengesankan para astronom yang telah mendokumentasikan planet tersebut, lebih cenderung bersepakat menamakannya sebagai Mega Bumi.

"Kami sangat terkejut ketika kita menyadari apa yang kita telah temukan," ujar astronom Xavier Dumusque bersama dengan Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Peneliti lain Dimitar Sasselov mengatakan bahwa planet ini seperti Godzilla dari Bumi. “Namun tidak seperti dalam film itu, penemuan ini memiliki implikasi positif bagi kehidupan,” ujar Direktur Harvard Origins of Life Initiative itu seperti dikutip Softpedia, Selasa (3/6/2014). (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox