atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Ini Dia Bangunan Sekolah Zero Energy

By Atjehcyber.net on 6/14/2014 | 00.10


Terletak di tengah-tengah kompleks perkotaan, bangunan The Docks School dikelilingi blok kantor bertingkat tinggi dan juga perumahan. Sekolah ini dapat Anda kenali dari bentuk atapnya. Atap bangunan sekolah berupa solar panel, daya tarik dari proyek yang menghadap bangunan tetangga.

Sekolah yang terletak di tengah perkotaan stategis Saint-Ouen, Prancis ini merupakan contoh pembangunan kota yang patut menjadi panutan.

Bangunan ini tak hanya didesain untuk kenyamanan penghuninya. Bangunan yang dirancang oleh Mikou Design Studio ini tidak mengkonsumsi energi listrik sedikit pun alias zero energy. Sumber listriknya berupa sinar matahari yang ditangkap panel-panel surya.

Uniknya, area panel surya ini juga menjadi bagian dari desain bangunan sekolah zero energy. Panel tenaga surya ditempatkan di atap gedung sehingga terlihat dari jalan utama. Tampilan panel surya pada atap memberikan nuansa edukatif yang kuat pada sekolah.

Penerapan zero energy pada bagunan, dikarenakan bangunan ini akan menjadi simbol dari pembangunan berkelanjutan proyek Zac des Docks dan menjadi landmark arsitektural yang kuat.

Bangunan sekolah ini juga menyediakan playground untuk anak-anak. Taman kecil untuk rekreasi berada pada sisi jalan setapak di tengah bangunan. Memberikan nuasa area belajar yang terbuka dan damai.

Muka bangunan termasuk seluruh ruang kelas dan area bermain menghadap ke selatan. Hal ini dilakukan untuk membuat penggunaan energi surya pasif. Ruangan tersusun seperti ini untuk membuat area terbuka di selatan.

Pasalnya panel-panel tenaga surya itu diletakkan di selatan yang juga berfungsi sebagai atap playground.

Bangunan sekolah zero energy ini tersusun atas taman yang beruntut dengan teras terbuka. Area terbuka pada bagunan memungkinkan masuknya cahaya matahari semaksimum mungkin pada bangunan. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox