atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ini Lukisan Selfie Termahal di Dunia!

By Atjehcyber.net on 6/17/2014 | 13.52


London - Jauh sebelum kehadiran foto selfie, ternyata sudah ada lukisan selfie. Dan salah satu lukisan selfie itu memiliki nilai yang sangat mahal.

Lukisan selfie pelukis legendaris asal Belanda, Rembrandt, yang dibuat dengan tangannya sendiri diyakini keasliannya oleh para ilmuwan. Setelah melakukan tes selama delapan bulan, lukisan yang diperkirakan berusia 379 tahun itu dinyatakan sebagai karya asli Rembrandt.

Karya seni yang ditaksir memiliki nilai US$50 juta atau sekitar Rp590 miliar itu, kembali dipamerkan di Buckland Abbey National Trust, Devon, Inggris. Lukisan itu diberikan kepada National Trust pada 2010 sebagai hadiah dari Edna, Lady Samuel of Wych Cross.

Meski lukisan itu sangat bernilai, National Trust menyatakan bawa mereka tidak akan pernah menjualnya.

Dalam lukisan potret berukuran 91 x 72cm ini, Rembrandt tampak mengenakan topi beludru hitam dengan dua bulu burung unta. Lukisan yang dibuat pada tahun 1635 ini awalnya diragukan keasliannya oleh peneliti lukisan Horst Gerson dan Proyek Riset Rembrandt pada tahun 1968.

Saat itu, mereka merasa ada beberapa area tertentu dari lukisan yang tidak mungkin dilukis oleh Rembrandt. Di antaranya adalah karena tanggal dan gaya lukisan yang tidak berkorelasi serta jenis panel yang terlihat tidak biasa.

Kemudian pada 2005, Dr Ernst van de Wetering yang dikenal sebagai seorang ahli lukisan menyimpulkan bahwa lukisan itu mungkin adalah hasil karya Rembrandt asli ketika diteliti menggunakan X-radiografi dan bukti lainnya.

Selanjutnya pada 2012, Wetering mempelajari dan meneliti lukisan selfie tersebut di Abbey Buckland. Lalu, Christine Slottvedd Kimbriel yang merupakan seorang konservator lukisan di Hamilton Kerr Institute, mengkonfirmasikan bahwa itu benar-benar lukisan Rembrandt asli.

"Lukisan selfie ini telah kami uji keasliannya dengan serangkaian analisis dan pemeriksaan visual, menggunakan infrared reflectography, X-radiografi serta analisis media," kata Kimbriel seperti dilansir Dailymail.

Kimbriel mengungkap, lukisan itu memperlihatkan kedalaman warna yang nyata, kedetilan gambar, dan menampilkan kain jubah Rembrandt berbentuk tiga dimensi. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox