atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Kecanduan Selfie Akibatkan Gangguan Mental?

By Atjehcyber.net on 6/13/2014 | 10.00


California - Foto selfie memang sudah menjadi tren saat ini. Namun, ternyata keseringan melakukan aksi selfie juga dapat membuat gangguan pada mental. Benarkah?

Sebuah penelitian dari American Psychiatric Association (APA) mengungkapkan mereka yang terobsesi dengan kebiasaan untuk mengambil foto dirinya sendiri atau dikenal dengan selfie dan selanjutnya memosting foto tersebut di jejaring sosial sebagai salah satu penyakit mental.

APA mengidentifikasikan bahwa terdapat tiga tahap dalam penyakit mental satu ini. Tahap pertama adalah batas selfitis, yakni mereka yang setiap harinya mengambil tiga foto selfie tapi tidak selalu mempostingnya ke jejaring sosial.

Tahap kedua disebut selfitis akut, dimana mereka mempunyai kebiasaan untuk mengambil tiga foto selfie perharinya dan mempostingnya di jejaring sosial.

Yang paling parah disebut denga nama selfitis kronis, yakni mereka yang mempunyai penyakit ini tidak bisa mengontrol kemauannya untuk terus mengambil foto selfie. Mereka pun paling tidak mengambil foto selfie minimal enam kali sehari dan selalu memostingnya ke dunia maya.

Namun, terlepas benar atau tidaknya peneliti tersebut, fenomena foto selfie semakin hari memang semakin menjamur. Ditambah lagi dengan bertambah canggihnya ponsel yang rata-rata sudah membenamkan kamera depan dengan resolusi yang cukup tinggi.

Bagaimana menurut Anda? (*/iinilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox