atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Lagu Populer Ternyata Bisa Bantu Pulihkan Ingatan

By Atjehcyber.net on 6/22/2014 | 17.30


Manchester - Elvis Presley, ABBA, The Beatles, dan Spice Girls merupakan sebagian dari musisi yang karyanya digunakan dalam riset yang bertujuan untuk meneliti rahasia di ingatan manusia.

Untuk riset tersebut, tim peneliti dari University of Amsterdam, Belanda, membuat permainan internet dengan tujuan mencari jawaban mengapa beberapa lagu tersangkut dalam ingatan manusia. Pemain harus menebak potongan lagu dan membandingkannya dengan lagu lain.

Para peneliti berharap hasil temuan dari riset bisa membantu mengerti seluk beluk memori jangka panjang dan perawatan demensia.

Ashley Burgoyne dari University of Amsterdam mengatakan bahwa musik punya pengaruh kuat terhadap memori, jauh lebih kuat dibandingkan hal lain. Namun, menurutnya, alasan di balik hal itu masih belum jelas diketahui.

"Ada beberapa musik yang hanya kita simak beberapa kali tapi tersimpan di dalam memori, bahkan setelah 10 tahun kita masih bisa mengingatnya dengan baik," ungkap Burgoyne seperti dikutip dari BBC.

Ia berharap sebanyak 10.000 orang akan berpartisipasi dalam permainan internet tersebut. Menurutnya, temuan dari permainan itu bisa melengkapi bagian yang hilang.

Permainan online bernama Hooked On Music tersebut diluncurkan di Museum of Science di Manchester, Inggris. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox