atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

LiFi , Teknologi Nirkabel dengan Cahaya Lampu LED

By Atjehcyber.net on 6/06/2014 | 12.30


London - Sebentar lagi akan hadir teknologi nirkabel baru yang mana fungsinya sama seperti WiFi, namun menggunakan media cahaya. Seperti apa?

Saat ini, teknologi transfer data nirkabel yang paling banyak digunakan adalah WiFi. Hampir semua perangkat elektronik seperti PC, notebook, smartphone, tablet, smartwatch, dan lainnya sudah menyematkan WiFi untuk konektivitas atau kanal internetnya.

Tapi sebentar lagi akan hadir teknologi bernama LiFi dimana fungsinya sama seperti WiFi namun menggunakan media cahaya LED. Dikutip dari BBC, beberapa peneliti di China berhasil mengembangkan transfer data via LiFi hingga kecepatan 150Mbps.

Konsep komunikasi cahaya tampak (VLC) telah menerima banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar disebabkan oleh perkembangan pencahayaan LED.

Tidak seperti lampu pijar dan neon, LED dapat dikontrol dalam banyak cara yang sama seperti komponen elektronik lainnya, dan beralih pada kecepatan tinggi.

VLC yang menjadi basis dari LiFi ini menggunakan radiasi Terahertz (cahaya), bukan gelombang mikro (WiFi).

Teknologi LiFi sebenarnya sudah didemonstrasikan pada 2011 lalu. Saat itu, LiFi hanya mampu membuat perangkat mentransfer data hingga kecepatan 10Mbps.

Tapi tentunya teknologi LiFi ini juga harus didukung oleh produsen barang elektronik seperti PC, notebook, smartphone, dan tablet.

Modul LiFi juga akan disesuaikan dan diproduksi massal sehingga biayanya bisa lebih murah dan bisa diaplikasikan ke perangkat mobile. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox