atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Masyarakat Indonesia Berubah Menjadi Masyarakat Cyber

By Atjehcyber.net on 6/28/2014 | 14.30


Segala sesuatu memang ada sisi positif dan negatifnya. Hal tersebut juga termasuk dalam dunia teknologi dan internet sekarang ini.

Menurut Yusuf Amrozi M.MT, seorang dosen pembina mata kuliah Cyber Culture Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, pengguna internet di Indonesia akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Yusuf mengatakan bahwa pada tahun 2010, pengguna internet di Tanah Air sudah menembus angka 57 juta orang dan akan terus bertambah. Menjadi satu hal yang menggembirakan melihat peningkatan jumlah pengguna internet tersebut.

Dikatakan menggembirakan karena hal tersebut sama artinya dengan ada peningkatan yang cukup signifikan dari tingkat Intelegensi manusianya. Dan hal tersebut merupakan sisi positifnya.

Namun sisi negatifnya, dengan semakin majunya teknologi serta internet, maka secara tidak sadar, manusia atau penggunanya akan menjadi semakin kurang sosial.

Menurut Yusuf, seperti dikutip dari Antara (24/06), problem utama perkembangan teknologi adalah kadang seseorang lebih asyik menggunakan gadget-nya ketimbang bertegur sapa dengan orang di sekelilingnya.

"Konsekuensinya adalah terjadi anomali sosial berupa terciptanya pribadi yang eksklusif, cuek dengan sekitar dan menghabiskan waktunya untuk berinternet, apalagi masyarakat di Indonesia termasuk dalam kategori transisi menuju masyarakat cyber," katanya.

Oleh karena itu, ia mendukung riset tentang masyarakat cyber atau budaya cyber yang dilakukan mahasiswanya, karena riset tentang budaya cyber belum banyak, apalagi dibumbui dengan kampanye internet sehat.

"Sosialisasi dan edukasi tentang internet sehat atau penggunaan internet sehat sangat perlu untuk digalakkan. Internet sehat adalah suatu terminologi yang merujuk pada budaya berperilaku internet secara aman, meminimalkan dampak negatif dari internet serta menggunakan internet untuk kepentingan positif," katanya.

Ia menambahkan kampanye internet sehat di Indonesia sudah diinisiasi oleh organisasi ICT Watch Indonesia dengan situs ictwatch.com serta akun twitter @internetsehat. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox