atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Mengatasi Baterai Smartphone Android yang Panas

By Atjehcyber.net on 6/18/2014 | 10.00


Jakarta - Kendala panas pada smartphone Android sudah menjadi rahasia umum bagi setiap pengguna jenis gadget satu ini. Bagaimana caranya mengantisipasi hal ini?

Hal yang paling simpel untuk mengatasi baterai yang panas dan boros adalah dengan sedikit perawatan.

Umur baterai rata-rata hingga 400 kali proses charge. Sebentar bukkan? Bagaimana cara memperpanjang pemakaiannya? Jika Anda melakukan pengisian pada setiap malam, umur baterai Anda setidaknya bisa bertahan 12-15 bulan.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar baterai tetap normal dan tidak mengalami temperatur tinggi:

Persingkat waktu pengisian

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pengisian baterai dengan keadaan gadget mati. Sehingga waktu pengisian baterai lebih singkat.

Jadi, pastikan Anda tidak mengecas baterai ketika menunggu telepon penting. Anda juga dapat melakukan pengisian dengan cepat menggunakan Mode 'Flight'. Dengan cara ini waktu charging perangkat Android Anda akan lebih cepat.

Area sekitar ponsel harus diperhatikan

Jika cuaca di sekitar ruangan Anda terlalu pengap dan panas, hal ini bisa jadi salah satu penyebab meningkatnya suhu terhadap smartphone Android. Satu lagi, cara memegang perangkat juga sangat berpengaruh. Jika Anda memegangnya dengan cara yang salah, perangkat Android juga cepat panas.

Solusinya, gunakan perangkat Android ditempat yang sejuk dan jauhkan dari perangkat seperti komputer dan laptop. Karena perangkat elektronik juga dapat memicu panas berlebihan pada perangkat Android.

Perhatikan Aplikasi yang berjalan di background

Di perangkat Android, beberapa aplikasi tidak otomatis tertutup, meskipun Anda menekan tombol back berulang kali. Faktor ini juga bisa membuat perangkat Android Anda cepat panas.

Solusinya, Anda dapat mengeluarkan aplikasi itu dengan melakukan langkah sebagai berikut. Klik setting pilih apps lalu pilih running. Di situlah Anda dapat menutup aplikasi dengan aman dan tidak bekerja lagi.

Selalu perhatikan kekuatan jaringan ponsel

Coba pernahkah Anda perhatikan, bila meletakkan ponsel di ruangan tertutup akan memengaruhi kualitas sinyal ponsel. Nah, karena ponsel susah mendapatkan sinyal maka komponen akan bekerja lebih untuk mendapatkan sinyal kembali keperangkat. Otomatis suhu tubuh ponsel pun akan meningkat.

Solusinya, carilah tempat terbuka yang memiliki kualitas sinyal yang bagus, jangan gunakan smartphone Android untuk berselancar di internet pada saat sinyal lemah. (*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox