atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Mengenal Teknologi '915 Fairplay' di Piala Dunia

By Atjehcyber.net on 6/21/2014 | 04.00


Jika Anda perhatikan pertandingan Piala Dunia 2014, Anda akan menemui suatu pemandangan unik dimana wasit mengeluarkan sebuah semprotan saat mengatur sebuah tendangan bebas dekat kotak penalti. Apakah itu?

Pada saat terjadi pelanggaran dan wasit memberi tendangan bebas pada satu tim, maka wasit akan segera mengeluarkan sebuah alat yang berbentuk seperti semprotan berbentuk botol berukuran kecil. Lalu, wasit akan membuat sebuah garis dengan semprotan tersebut untuk menandai tempat dimana bola harus diletakkan.

Tak hanya itu, wasit juga akan membuat garis bagi tim yang terkena hukuman tendangan bebas untuk menandai dimana posisi pagar betis harus berada. Botol tersebut bisa menghasilkan suatu semprotan berbentuk busa berwarna putih yang bersifat temporer di rumput lapangan.

Semprotan bernama 915 Fairplay ini ditemukan oleh seorang jurnalis sepakbola yang juga berprofesi sebagai pesepakbola amatir bernama Pablo Silva. Asal muasal dibuatnya semprotan ini karena ia pernah dicurangi pemain lawan terkait tendangan bebas saat sedang bertanding sepakbola.

"Ketika saya mengambil tendangan itu, jarak antara bola dan pagar betis hanya tiga meter. Anehnya, wasit tidak memberi peringatan pada mereka," ucap Silva seperti dilansir CNN.

"Kami pun kalah. Ketika dalam perjalanan pulang, saya memikirkan untuk membuat suatu penemuan untuk menghentikan kecurangan semacam itu," imbuhnya.

Menurutnya, semprotan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan selama delapan tahun. Pengerjaannya dilakukan oleh para ahli kimia dan para peneliti sepakbola.

Penggunaan 915 Fairplay sebelumnya sudah diujicobakan pada ajang Piala Dunia Antar Klub 2013. Presiden FIFA Sepp Blater mengaku terkesan dengan teknologi tersebut hingga akhirnya 915 Fairplay ini digunakan di perhelatan akbar Piala Dunia 2014.

"Untuk disiplin pertandingan, ini kabar yang sangat bagus. Awalnya saya skeptis, tapi wasit menyukainya,” kata Blatter yang juga menyebutkan bahwa bahan yang terkandung pada semprotan ini tidak berbahaya untuk pemain, lapangan, atau ozon. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox