atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Militer AS Pakai Teknologi Laser Mematikan

By Atjehcyber.net on 6/19/2014 | 00.10


WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat mengembangkan teknologi laser yang bisa dipakai sebagai senjata bagi kendaraan darat. Senjata yang dinamakan LaWS (Laser Weapon System) ini bisa digunakan untuk melawan drone, rudal atau target lainnya.

Dilansir Gizmag, Minggu (15/6/2014), untuk pertama kalinya Angkatan Laut (Navy) AS menerapkan senjata laser LaWS pada USS Ponce atau kapal militer. LaWS menggunakan teknologi fiber-optic yang bisa digunakan sebagai alat menyerang atau bertahan.

Office of Naval Research (ONR) telah memberikan kontrak untuk mengembangkan senjata serupa yang dapat dipasang di kendaraan darat sebagai bagian dari program Ground-Based Air Defense Directed Energy On-the-Move (GBAD) dan Marine Corps Science and Technology Strategic Plan.

LaWS akan melengkapi persenjataan yang telah ada pada kendaraan darat dan mendukung pertahanan. Laser ini memiliki kemampuan untuk mencegat rudal yang datang dari jarak jauh, yang bergerak dengan kecepatan supersonik.

Senjata laser diklaim efisien dan kendaraan tempur darat tidak perlu membawa amunisi. Menurut ONR, sistem laser ini akan menjalani tes terlebih dahulu pada akhir tahun menggunakan kekuatan laser 10kW.

Selanjutnya, mereka akan meningkatkan di kekuatan 30 kW pada 2016. Pengujian dilakukan untuk mengetahui kemampuan pendeteksi dan penelusuran UAV (Unmanned Aerial Vehicle) atau pesawat tanpa awak (drone). (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox