atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Peneliti Bakal Kirim 'Kapsul Waktu' ke Mars

By Atjehcyber.net on 6/27/2014 | 17.00


CALIFORNIA - Peneliti di MIT, Duke University, Stanford University dan University of Connecticut berencana untuk meluncurkan kapsul waktu ke Mars pada 2017. Mereka akan mengemas kapsul waktu yang berisi foto, video, audio serta pesan ke planet merah.

Dilansir Engadget, Rabu (25/6/2014), kapsul waktu digital ini akan diterbangkan bersama dengan pesawat luar angkasa berbasis Cubesat. Peneliti yang merupakan mahasiswa dari Amerika Serikat ini juga berkesempatan untuk mencoba sejumlah teknologi baru untuk perjalanan ke luar angkasa.

Direktur misi luar angkasa Emily Briere mengatakan, kapsul waktu ini bertujuan untuk mengingatkan orang bahwa peneliti akan pergi ke luar angkasa dan mendorong kemajuan umat manusia.

Peluncuran kapsul waktu ini melibatkan mesin propulsi (pendorong) yang dikembangkan peneliti dari MIT. Apabila kapsul waktu ini sudah mendarat di Mars, peneliti bisa menguji sistem internet di luar angkasa.

Selain itu, peneliti akan menguji teknologi storage 'quartz' yang mereka klaim bisa menyimpan data terabyte hingga jutaan tahun. Peneliti juga berencana untuk melakukan percobaan untuk memastikan astronot dalam kondisi baik selama eksplorasi luar angkasa (deep space).

Para peneliti muda ini akan dibantu dengan sejumlah organisasi seperti NASA dan penasehat seperti Buzz Aldrin. Proyek besar ini kabarnya menghabiskan dana sebesar USD25 juta. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox