atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Pengobatan HIV Lewat Genome Editing?

By Atjehcyber.net on 6/17/2014 | 15.30


San Francisco - Sejumlah ilmuwan Universitas California menemukan cara menghilangkan satu sekuen DNA dan menggantinya dengan yang lain. Teknik yang dikenal dengan istilah genom editing ini diyakini bisa digunakan untuk menyembuhkan HIV.

Jurnal New Scientist melaporkan, ilmuwan mengganti sekuen DNA yang hilang dengan DNA dari orang yang memiliki resistensi terhadap HIV. Sekuen DNA itu berasal dari orang yang memiliki dua salinan akibat mutasi gen yang terkait dengan protein CCR5.

HIV menempel pada CCR5 ketika mencoba menyerang sel darah putih seseorang. Pada orang dengan mutasi gen, HIV dapat melampirkan protesn. Artinya, orang itu tidak bisa menjadi positif HIV.

Namun tidak seluruh orang di Eropa, mungkin juga di dunia, yang memiliki salinan dari mutasi gen. Penelitian menunjukan hanya satu persen orang Eropa yang memilikinya.

Gagasan di balik penelitian ini adalah pengobatan yang disebut Berlin Patient. Mengacu pada kasus Tomothy Ray Brown yang disembuhkan dari HIV setelah menerima transplantasi sumsum tulang dari orang yang resisten terhadap virus mematikan ini.

Ini bukan cara praktis, karena hampir tidak ada donor sumsung tulang untuk penderita HIV. Sehingga Universitas California berusaha mencari cara menyembuhkan HIV tanpa donor sumsum tulang.

Diharapkan teknik ini bisa mengarah ke pengobatan HIV. Namun peneliti yakin mereka masih belum bisa menggunakannya dalam waktu dekat karena masih harus ada uji coba apakah genome editing mampu menghasilkan sel-sel darah putih yang tahan HIV.

Saat ini 98 ribu orang di Inggris positif HIV. Kelompok yang paling rentan adalah kaum gay. Lainnya adalah penduduk asal Afrika. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox