atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Rusia Siap Bikin Prosesor Sendiri

By Atjehcyber.net on 6/30/2014 | 08.30


Moskow - Karena alasan keamanan, Rusia berencana untuk mengganti seluruh prosesor komputer di negara itu dengan prosesor buatan dalam negeri.

Dominasi Intel dan AMD di bidang prosesor memang tidak bisa dipungkiri. Dua merek prosesor asal AS itu sudah umum dipakai di semua komputer yang ada di seluruh penjuru dunia, termasuk di Rusia.

Namun, sebuah kabar terbaru menyebutkan pemerintah Rusia saat ini tengah bersiapkan untuk mengganti semua komputer yang dijalankan dengan mikroprosesor x86 yang memang didominasi dengan Intel dan AMD, dengan prosesor buatan sendiri.

Tidak ada keterangan resmi mengenai hal ini. Tapi tampaknya faktor keamanan menjadi alasan utama sehingga mereka memutuskan akan membuat prosesor sendiri.

Berbagai isu penyadapan dan mata-mata yang dilakukan AS melalui produk teknologi mereka nampaknya menjadi semacam warning bagi Rusia untuk meningkatkan kewaspadaan.

Prosesor buatan Rusia itu kabarnya akan diproduksi oleh Baikal Electronics yang dikenal sebagai produsen superkomputer T-Platform. Prosesor tersebut akan menggunakan model ARM seperti yang biasa digunakan di perangkat mobile dan akan ditanamkan di semua komputer berbasis Linux milik kantor pemerintah dan fasilitas negara.

Pemerintah Rusia pada empat tahun lalu pernah membuat pernyataan akan beralih ke sistem operasi Linux dan meninggalkan Windows dan Mac.

Prosesor buatan Baikal itu nantinya akan dibuat dalam dua model, yakni Baikal M dan Baikal M/S dimana keduanya didesain dari arsitek prosesor ARM Cortex-A57 64-bit dan akan digunakan untuk menjalankan komputer pribadi dan microserver.

Rencananya, prosesor Baikal tersebut belum akan mulai diproduksi hingga tahun depan sehingga ini bisa menjadi semacam peringatan bagi produsen prosesor yang akan ditinggalkannya dalam hal ini adalah Intel dan AMD, untuk menyusun strategi pemasaran lain di Rusia. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox