atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Teknologi Antariksa dan Penginderaan Jauh Wajib Diterapkan di Daerah

By Atjehcyber.net on 6/24/2014 | 02.30


JAKARTA – Pemerintah daerah di seluruh Indonesia diimbau agar menggunakan teknologi keantariksaan untuk mempercepat proses perencanaan pembangunan. Karena itu, untuk dapat merealisasikannya, perlu ada kerjasama antara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan pemerintah daerah.

"Kerjasama meliputi bidang pemanfaatan sains dan teknologi kedirgantaraan untuk mendukung program pembangunan daerah,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan, Jasyanto dalam rilisnya kepada Okezone, Sabtu (21/6/2014).

Adapun ruang lingkupnya mencakup penelitian, pengembangan, perekayasaan, dan sistem informasi geografis untuk inventarisasi, pemantauan dan pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan.

Kerjasama akan dilakukan pada Senin, 21 Juni 2014, diantaranya dengan Pemprov Sulawesi Tenggara, Pemkab Bulukumba dan Pemkab Pinrang (Sulawesi Selatan), Pemkab Bangka Barat (Bangka Belitung) serta Pemkab Tanah Laut (Kalimantan Selatan).

Kerjasama tersebut merupakan upaya peningkatan pembangunan daerah dengan cara memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk inventarisasi, pemantauan dan pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan.

Lapan dalam kaitan ini berkontribusi dalam pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) di pemerintah daerah dalam peningkatan kemampuan pengolahan dan analisis data satelit penginderaan jauh untuk inventarisasi dan pemantauan sumber daya alam. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox