atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / / /

Tips Aman Factory Reset di Android

By Atjehcyber.net on 6/09/2014 | 15.00


Jakarta - Factory Reset adalah suatu cara untuk mengembalikan software pada smartphone atau tablet Android ke kondisi seperti baru keluar dari pabrik alias baru. Bagaimana caranya?

Pada umumnya Factory Reset dapat menyelesaikan semua masalah yang ditimbulkan oleh kerusakan software pada smartphone atau tablet Android.

Yang perlu digaris bawahi di sini adalah jika Anda menggunakan Factory Reset semua aplikasi dan data yang tersimpan pada memori internal perangkat Android Anda akan Hilang.

Pada kebanyakan smartphone atau tablet berbasis Android, fitur Factory Reset berada di menu setting (pengaturan) -> Privacy (privasi) -> Factory Data Reset. Tetapi, ada pula smartphone yang menempatkan Factory Reset pada Menu Setting -> SD & phone storage.

Anda juga bisa melakukan Factory Reset dari Recovery Mode. Namun Sebelum menggunakan ini, Anda harus tahu tombol kombinasi yang digunakan untuk masuk ke dalam Recovery Mode-nya.

Bila smartphone Anda tidak dilengkapi dengan Recovery Mode, hal tersebut bisa diatasi dengan menginstal Recovery Mode buatan pihak ketiga. Misalnya ClockwordMod Recovery atau xRecovery.

Berikut adalah cara melakukan Factory Reset dari Recovery Mode:

- Masuk ke Recovery Mode dengan menekan tombol kombinasi yang sesuai dengan perangkat Android anda masing-masing.
- Setelah masuk akan ada beberapa pilihan menu.
- Pilih menu wipe data/ factory reset
- Anda akan diminta konfirmasi untuk melakukan wipe data/ factory reset.
- Tunggu beberapa saat, dan pilih menu reboot system now.
- Setelah itu, perangkat Android Anda akan kembali seperti semula saat Anda baru membelinya.

Factory Reset akan menjadi salah satu alternatif jika smartphone kita mulai tidak maksimal dalam bekerja ataupun bisa digunakan jika kita ingin menjualnya.

Hal terakhir yang tidak kalah penting bila Anda ingin melakukan Factory Reset adalah Anda harus siap menanggung sendiri segala resiko yang terjadi pada smartphone atau tablet Android Anda. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox