atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Tiru "Spiderman", NASA Tangkap Asteroid Pakai Jaring

By Atjehcyber.net on 6/14/2014 | 12.30


Badan peneliti antariksa milik Amerika Serikat, NASA, tengah bersiap mengirimkan 12 misi baru ke angkasa. Dan di antara misi-misi tersebut terselip sebuah beberapa program yang terbilang unik.

Dari 12 misi inovatif NASA yang terangkum dalam proposal NIAC 2014, terdapat misi unik di mana NASA akan meluncurkan proyek yang disebut Wrangler singkatan dari Weightless Rendezvous and Net Grapple to Limit Excess Rotation.Dalam misi tersebut akan digunakan sebuah satelit pengganti raksasa untuk menangkap sebuah asteroid atau benda angkasa lain yang mengancam bumi.

Wrangler akan bekerja dengan mengembangkan sebuah jaring raksasa yang dilengkapi dengan penambat dan alat derek untuk mencengkeram bagian depan dari suatu asteroid. Setelah asteroid tertangkap, Wrangler akan berputar dan mendorong asteroid tersebut agar arah lintasannya berubah menjauhi bumi.

Selain itu, terdapat sebuah pesawat luar angkasa yang mampu menempuh perjalanan dari matahari ke planet Neptunus hanya dalam waktu satu tahun saja.

Program yang bernama Herts ini mempunyai kabel-kabel sepanjang 30 kilometer yang menjuntai dari pesawat tersebut. Kabel-kabel itu berfungsi sebagai media pengumpul energi lewat teknologi panel surya. Berkat teknologi tersebut, Herts bisa melaju di angkasa dengan kecepatan 700 kilometer per jam.

Untuk mendanai riset 12 program tersebut, NASA rencananya akan mendapat kucuran dana USD 100 ribu untuk setiap misinya dalam 18 bulan ke depan, dan jika program tersebut berjalan lancar pemerintah AS kembali menggelontorkan dana hingga USD 500 ribu untuk riset tambahan selam 2 tahun, Daily Mail (6/6). (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox