atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Virus Baru Flu Burung Bukan Ancaman Global

By Atjehcyber.net on 6/02/2014 | 02.00


Beijing -- Sejumlah peneliti menemukan virus flu burung tipe baru, tapi tidak akan menjadi ancaman global.

H10N8, nama virus baru flu burung, ditemukan menjangkiti tiga orang di Tiongkok sejak Desember 2013. Dua meninggal dunia, satu selamat.

Peneliti dari UK Medical Research Council menganalisa struktur molekular virus, dan tidak menemukan karakteristik yang sama dengan virus flu burung sebelumnya.

Mereka berpendapat penelitian sebaiknya diarahkan ke virus lain yang muncul, atau telah berada di sekujur Asia Tenggara. Karena, ada sejumlah virus flu burung yang berjangkit dari hewan ke manusia.

Di Tiongkok dan Asia Tenggara terdapat populasi besar dengan budaya hidup bersama burung. Salah satunya pasar unggas hidup.

Maret 2013, H7N9 muncul dengan seratus kasus pada bulan pertama. Sebelumnya, H5N1 mengguncang Asia Tenggara karena membunuh hampir dua dari tiga orang yang terinfeksi.

Laporan jurnal Nature baru-baru ini menyebutkan H10N8 -- virus flu burung yang muncul belakangan -- masih lebih banyak menginfeksi burung, bukan manusia.

Dr John McCauley, direktur World Health Organization Influenza Centre at the Medical Research Council's National Institute for Medical Research, mengatakan; "Ini fenomena langka, dan hanya terdapat di satu tempat di Tiongkok, tapi saya tidak berpikir akan menjadi ancaman global."[*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox