atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Awas, SMSan 100x Sehari Bisa Picu Seks Bebas Bagi Remaja

By Atjehcyber.net on 7/02/2014 | 17.30


Di era digital seperti saat ini, banyak orang tua yang cenderung memberikan smartphone pada anak mereka, mulai dari usia anak-anak hingga remaja. Ironisnya, peneliti menemukan dampak yang sangat berbahaya di balik hal tersebut.

Meskipun penelitian ini baru dilakukan di Amerika Serikat, tetapi dampak yang sama diperkirakan berlaku secara global mengingat pola interaksi remaja yang cenderung mirip di seluruh dunia jika melalui jejaring sosial maupun cara lain seperti SMS.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh lembaga survei di sebuah SMA di Los Angeles, terkuak fakta jika remaja yang berkirim pesan singkat atau chatting hingga lebih dari 100x sehari memiliki resiko terjebak seks bebas 6 kali lebih besar ketimbang remaja biasa, Daily Mail (30/06).

Yang lebih mengkhawatirkan frekuensi chatting yang tinggi juga berbanding urus dengan tingkat pelanggaran lain seperti kehamilan di luar nikah, konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang, hingga kekerasan seksual.

Dari ribuan peserta survei, 20 persen mengaku bila pernah menerima pesan yang berbau pornografi, dan 5 persen lainnya pernah mengirimkan pesan serupa.

Dengan munculnya fakta mencengangkan seperti itu, seluruh orang tua, diharapkan lebih berperan aktif dalam memantau kegiatan anak yang masih berusia remaja ketika menggunakan perangkat komunikasi. Akan sangat sia-sia jika kecanggihan alat komunikasi hanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang negatif. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox