atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Gen Bawaan Jadi Kunci Pertahanan Hidup Manusia

By Atjehcyber.net on 7/05/2014 | 00.10


London - Sebuah penelitian mengungkap bahwa kemampuan manusia moderen untuk hidup di dataran tinggi diwarisi dari gen manusia yang sudah punah. Seperti apa?

Riset yang dipublikasikan di jurnal Nature itu menunjukkan bahwa gen EPAS-1 yang berpengaruh pada oksigen dalam darah banyak ditemukan di masyarakat Tibet, sebagian di antaranya hidup di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut.

BBC melaporkan, sekuen DNA tersebut cocok dengan gen yang ditemukan di kelompok manusia yang sudah punah yaitu kelompok Denisovan.

Banyak dari kita membawa DNA dari manusia yang sudah punah, dengan cara kelompok tersebut berpasangan dengan nenek moyang kita ketika mereka keluar dari Afrika.

Mulai Neanderthal yang hidup 400 ribu tahun lalu dan tinggal di Eropa serta Asia Barat hingga 35 ribu tahun lalu dan manusia Denisovan. Kedua kelompok makhluk yang sudah punah itulah yang memberikan DNA pada manusia saat ini.

Denisovan hanya diketahui dari DNA yang diambil dari tulang jari seorang anak perempuan di Gua Denisova dekat Pegunungan Altai di Siberia.

Fragmen tulang berusia antara 40 ribu hingga 50 ribu tahun ini serta gigi berukuran besar dari individu lain, semuanya diketahui berasal dari spesies tersebut. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox