atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ilmuwan Terjemahkan Bahasa Isyarat Simpanse

By Atjehcyber.net on 7/06/2014 | 09.00


Sejumlah ilmuwan mengatakan mereka telah menerjemahkan gerakan tubuh yang biasa dilakukan simpanse liar untuk berkomunikasi.

Mereka mengatakan simpanse liar berkomunikasi dengan 19 pesan yang spesifik ke sesamanya dengan 66 gerakan.

Peneliti mengungkap ini dengan mengikuti dan merekam komunitas simpanse di Uganda, dan memperhatikan lebih dari 5.000 perilaku komunikasi ini.

Riset telah dipublikasikan di jurnal Current Biology.

Dr Catherine Hobaiter, yang memimpin penelitian, mengatakan ini adalah bentuk komunikasi yang disengaja pertama di dunia hewan yang telah didokumentasikan.

Hanya manusia dan simpanse, katanya, yang memiliki sistem komunikasi di mana mereka bisa dengan sengaja mengirim pesan ke individu lain.

"Inilah yang sangat luar biasa dari bahasa tubuh simpanse," katanya kepada BBC News. "Mereka satu-satunya yang mirip dengan bahasa manusia."
Sengaja dikomunikasikan atau tidak?

Meski pun penelitian sebelumnya mengungkap bahwa simpanse dan monyet bisa mengerti informasi kompleks dari satwa lain, hewan-hewan itu tidak tampak secara sengaja menggunakan suara mereka untuk mengkomunikasikan pesan.

Ini adalah perbedaan inti antara "komunikasi yang disengaja" dan isyarat tubuh, kata Dr Hobaiter.

"Tampaknya seperti Anda mengangkat cangkir kopi panas dan Anda berteriak dan meniup jari Anda," kata dia.

"Saya mengerti dari isyarat itu bahwa kopi tersebut panas tapi Anda tidak secara khusus ingin mengkomunikasikan hal itu dengan saya."

Beberapa gerakan simpanse, menurut peneliti, sangat jelas digunakan secara konsisten untuk menyampaikan satu makna. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox