atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Kisah Orkut, dari Lahir Hingga Mati

By Atjehcyber.net on 7/04/2014 | 04.00


JEJARING sosial yang satu ini tidak asing lagi di dunia maya. Adalah Orkut, social network kreasi Google ini sangat populer di beberapa negara seperi Brasil dan India.

Awalnya, raksasa internet dunia asal kota Menlo Park, California ini, menciptakan Orkut sebagai layanan yang dapat menampilkan informasi personal dan professional.

Selain itu, situs yang diluncurkan pada 2004 ini, juga dapat dijadikan sarana bertemu teman baru dan memelihara pertemanan yang sudah terjalin. Disini pengguna juga bisa bergabung dengan komunitas yang memiliki kesamaan minat.

Situs Wikipedia menyebutkan, situs yang beralamat lengkap orkut.com itu pada awalnya dirancang untuk membuat kehidupan sosial seseorang menjadi lebih aktif dan bergelora. Jejaring sosial yang mirip dengan Facebook ini, dapat membuat penggunanya terus terhubung dengan teman-temanya lewat media pesan dan foto.

Tidak hanya itu, Orkut juga merupakan sarana yang mampu memungkinkan penggunanya untuk menjalin hubungan baru dan berteman serta menjangkau orang-orang yang belum pernah di temui sebelumnya.

Situs jejaring sosial yang memiliki 48 bahasa itu pun dapat memudahkan pencarian orang yang memiliki kesamaan minat dan hobi. Orkut juga dapat digunakan sebagai media untuk berbisnis bahkan menjalin hubungan romantisme.

Melalui komunitas online yang ada di dalamnya, pengguna dapat bergabung untuk membahas kejadian terkini, berhubungan kembali dengan teman-teman lama di sekolah, atau sekedar bertukar resep masakan favorit.

Nama Orkut sendiri diambil dari penciptanya, yakni karyawan Google yang bernama Orkut Buyukkoten. Ketika pertama kali muncul layanan ini hanya bisa diakses melalui undangan, barulah pada 2006 Orkut resmi dibuka untuk umum.

Dikutip dari reuters yang diambil dari blog Orkut, secara resmi pihak Google mengumumkan rencana penutupan sosial media yang berjalan selama 10 tahun itu.

Keputusan itu diambil karena semakin lama, popularitas Orkut kian tenggelam, tersingkir oleh sejumlah layanan jejaring sosial baru seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan yang lainnya.

Pengguna Orkut terus merosot dari tahun ke tahun. Pada awal kemunculannya di Maret 2004, pengguna paling banyak dengan persentasi 51,36 persen berasal dari Amerika Serikat. Sedangkan pada Mei 2014, pengguna di Amerika merosot drastis di posisi ketiga, sedangkan Brasil menempati urutan pertama pengguna Orkut terbesar dengan 48,4 persen.

Kabar terbaru mengatakan bahwa Google tidak akan melanjutkan untuk berbisnis dengan Orkut dan akan menutupnya pada Oktober mendatang, tetapi lebih pada pengembangan bisnis YouTube, Blogger dan juga Google+. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox