atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Orkut Tutup karena Ditelan Hegemoni Facebook

By Atjehcyber.net on 7/01/2014 | 20.30


CALIFORNIA - Siapa yang tidak kenal Orkut? jejaring sosial yang dimiliki Google ini diumumkan akan ditutup pada 30 September 2014. Menurut Google, Orkut tidak bisa menjadikan Google sebagai pemimpin bisnis web paling populer.

Selain itu, jejaring sosial yang pernah berdiri pada 24 Januari 2004 ini semakin sepi peminat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data terkini, negara yang paling banyak menggunakan Orkut ialah Brasil dan India.

Raksasa mesin pencari ini masih memberikan kesempatan kepada pengguna setia Orkut untuk menyimpan data mereka menggunakan Google Takeout. Hari ini, perusahaan juga mengungkapkan bahwa pihaknya tidak akan menerima tambahan pengguna Orkut baru.

Pada awal kemunculannya di Maret 2004, pengguna paling banyak dengan persentasi 51,36 persen berasal dari Amerika Serikat. Sedangkan pada Mei 2014, pengguna di Amerika merosot drastis di posisi ketiga, sedangkan Brasil menempati urutan pertama pengguna Orkut terbesar dengan 48,4 persen.

Kabarnya, jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini digunakan secara global oleh 1,23 miliar pengguna di seluruh dunia. Pertumbuhan tertinggi muncul dari negara berkembang, termasuk di negara Asia.

Nasib Orkut berbeda dengan Facebook, yang juga sama-sama diluncurkan pada 2004. Facebook telah mendapatkan lebih dari satu miliar pengguna dan mengalami pertumbuhan signifikan dalam waktu satu dekade ini.

Wikipedia menerangkan, pada Januari 2013, terungkap jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia. Saat itu, Amerika Serikat memimpin dengan 168,8 juta pengguna, Brazil dengan 64,6 juta pengguna, India dengan 62,6 juta pengguna serta Indonesia dengan 51,4 juta pengguna. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox