atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Tangkis Global Warming, Karbondioksida Diubah Jadi Panel Surya

By Atjehcyber.net on 7/09/2014 | 00.30


Saat dunia hampir kehabisan ide untuk mengurangi dampak dari pemanasan global, ilmuwan kini mengusulkan satu cara yang cukup revolusioner untuk mengurangi jumlah gas karbondioksida atau CO2 penyebab efek rumah kaca.

Banyak solusi yang telah ditelurkan untuk mengurangi kadar CO2 dalam udara, seperti proyek penyimpanan CO2 hingga teknologi 'pipa impian' dari PBB yang diklaim bisa menyedot CO2 dari udara bebas secara langsung. Tetapi belum ada solusi pasti yang bisa dengan mudah diterapkan di berbagai belahan dunia.

Oleh sebab itu, peneliti di Universitas Priceton, Amerika Serikat, menciptakan sebuah teknologi fotosintesis buatan yang bukan hanya mengurangi jumlah CO2, tetapi juga mengubahnya menjadi zat lain yang berguna bagi manusia.

Teknologi tersebut akan berbentuk panel elektrolisis yang mampu mengubah kandungan air dan gas CO2 dalam udara menjadi senyawa asam formiat yang bisa digunakan sebagai bahan pencelup pewarna tekstil hingga bahan pembuat panel surya.

Untuk mengaplikasikan teknologi baru ini, mereka menggunakan sebuah panel surya yang telah dimodifikasi dengan tambahan panel elektrolisis. Modifikasi ini hanya membutuhkan alat-alat serta bahan yang mudah didapat di pasaran sehingga kelak bisa mudah dimanfaatkan oleh beragam kalangan.

Teknologi ini sejatinya hampir mirip dengan teknologi fotosintesis buatan milik Panasonic. Bedanya alat milik Universitas Priceton ini mampu menghasilkan efisiensi energi hingga 2 persen, mengalahkan teknologi teknologi semikonduktor nitrit milik Panasonic yang hanya mencatatkan efisiensi 0,2 persen saja, Gizmag (02/07). (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox