atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Google Siap Hadirkan Layanan Khusus Anak-anak

By Atjehcyber.net on 8/22/2014 | 09.00


California - Google kabarnya tengah menyiapkan layanan khusus yang dirancang untuk anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak-anak bisa lebih aman menggunakan berbagai aplikasi milik raksasa teknologi AS itu, termasuk Gmail dan YouTube.

Saat ini Google menerapkan batasan umur minimal 13 tahun untuk bisa menggunakan layanannya di AS dan di beberapa negara lain (simak peraturan Google di sini). Namun, dengan layanan khusus ini, anak-anak bisa membuat akun Google mereka sendiri untuk pertama kalinya.

Mengutip laporan dari The Information, langkah baru ini sekaligus akan memungkinkan pengguna dari kalangan anak-anak mengakses YouTube dengan versi 'child safe' yang didesain untuk melindungi anak dari konten dewasa terutama pornografi.

The Wall Street Journal juga melaporkan bahwa nantinya para orang tua juga akan memiliki kemampuan untuk mengendalikan jenis data Google dapat untuk melindungi anak-anak mereka.

Selama ini Google merasa bahwa Children’s Online Privacy Protection Act (COPPA), yang dimaksudkan untuk melindungi anak-anak, justru malah memaksa orangtua untuk memalsukan identitas anak mereka.

Selain itu, Google juga meminta orangtua untuk lebih pro-aktif dalam memantau penggunaan internet anak-anaknya. Kabarnya, dengan memberikan 'child safe' tersebut, orangtua akan bisa mengatur pencarian apa saja yang bisa dilakukan anak mereka.

Langkah baru ini dinilai dapat menumbuhkan basis pengguna Google secara drastis, khususnya di kalangan anak-anak yang aktivitas digitalnya sangat dipantau oleh orangtua mereka.

Saat ini anak-anak di bawah umur diperkirakan telah mengakses layanan milik Google melalui berbagai cara 'terlarang'.

Sejauh ini, Google memang telah menunjukkan niat untuk mengajak anak-anak memanfaatkan layanan mereka, misalnya menggunakan layanan mesin pencari khusus bernama Google Safe Kids. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox