atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ilmuwan: Bulan Miliki Bentuk Seperti Buah Lemon

By Atjehcyber.net on 8/03/2014 | 16.30


California - Baru-baru ini para ilmuwan mengungkapkan sebuah teori baru yang menyebutkan bahwa bulan sebenarnya tidak memiliki bentuk bulat sempurna. Karena pada kedua sisinya terlihat ada tonjolan sehingga mirip bentuk buah lemon.

Para ilmuwan yang berasal dari University California, Santa Cruz, AS, ini mengatakan bahwa perputaran dan pasang surut Bumi menciptakan sebuah 'satelit' berbentuk lemon. Pergeseran bentuk ini muncul ketika sebagian besar wilayah bulan berisi cairan, dan berada di dalam kerak bebatuan luar yang tipis.

"Kami ibaratkan Bumi adalah sebuah balon yang terisi air. Saat balon berisi air itu diputar maka akan ada tonjolan keluar dari pusatnya. Di bulan akan terlihat reaksi pasang surut karena tarikan gravitasi dari Bumi," ujar Ian Garrick-Bethell, salah satu ilmuwan yang menulis studi ini di jurnal Nature.

"Itulah yang membuat terciptanya bentuk lemon di ujung sisi bulan, dengan poros yang agak panjang dan mengarah ke Bumi," imbuhnya.

Para ilmuwan meyakini, bulan pernah dingin dan padat pada 4 miliar tahun lalu sehingga menyebabkan pasang surut membatu dan tekanan rotasi menjadi beku.

Teori ini dikenal dengan hipotesa 'Tonjolan Fosil' dan pertama kali dikenal pada 1898. Namun, ketika itu tidak dijelaskan sepenuhnya sebab akibat bentuk bulan itu, demikian lansir Dailymail.

Oleh karena itu, para ilmuwan ini mencoba menganalisis bentuk bentuk bulan yang cukup rumit secara keseluruhan, dengan cekungan besar dan kawah yang terbentuk kerak bulan. Mereka percaya, cekungan tersebut memberikan dampak pada bentuk bulan.

Dari hasil penelitian mereka menemukan adanya berbagai variasi ketebalan kerak bulan yang disebabkan oleh pasang surut yang memanas selama pembentukannya. Sedangkan sisanya konsisten pada tonjolan akibat rotasi beku yang terbentuk di kemudian waktu.

Pemanasan pasang surut akan menyebabkan kerak lebih tipis di bagian kutubnya dan daerah kerak tebal akan terbentuk sejalan dengan Bumi. Hal ini memberikan efek sama pada bentuk bulan secara keseluruhan sehingga terlihat tonjolan menyerupai lemon di sisi yang menghadap Bumi dan tonjolan di sisi lain yang berlawanan.

Peristiwa itu membuat para ilmuwan menemukan bahwa medan gravitasi bulan secara keseluruhan tak lagi selaras dengan topografi sehingga hal tersebut berefek pada tonjolan di bulan. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox