atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

OpenROV, Robot Penjelajah Laut

By Atjehcyber.net on 8/22/2014 | 16.00


Eric Stackpole pendiri OpenROV, memaparkan sejarah penemuan robot bawah lautnya. Kedutaan Besar Amerika Serikat bekerjasama dengan Komunitas Robot Indonesia, Rabu 20 Agustus 2014, mengadakan Workshop, Seminar, dan Pameran Robotika di @america Pacific Place Mall, Jakarta Selatan. (Yunaidi/National Geographic Indonesia)

Alkisah terjadi perampokan di Wild West. Pada tahun 1800-an, di sana sedang maraknya "demam emas". Seseorang menemukan bongkahan emas, lalu menyembunyikannya dari orang-orang yang menginginkannya. Namun kemudian 50 kilogram emas itu berhasil dicuri. Akhirnya emas itu disembunyikan dalam gua penuh air karena berat.

Pasalnya, gua yang ternyata berada di wilayah utara California tersebut belum dieksplorasi sampai hari ini.

Suatu hari di tahun 2006, Eric Stackpole dan teman-temannya berkunjung ke sana untuk mempelajari gua tersebut selama sehari, dan mereka menemukan sebuah lubang penuh air di belakang gua, yang kemungkinan adalah lokasi keberadaan bongkahan emas itu.

Kemudian Eric Stackpole membangun sebuah robot untuk mengeksplorasi gua tersebut dan menemukan emasnya. Sayangnya, prototipe robot tersebut gagal, robot bawah laut pertamanya. Lama setelahnya, Eric Stackpole dan rekan-rekannya kembali ke sana—mengeksplorasi gua dengan robot barunya, emas itu tetap tidak mereka temukan.

"Kami belum selesai menjelajahi gua ini. Robotnya berhenti bekerja setengah perjalanan," kata Eric Stackpole.

Setelah gagal membuat prototipe robot ROV (Remotely Operated Vehicle) pertamanya, Eric Stackpole bertemu dengan David Lang. Bersama, mereka membangun situs web bernama OpenROV, dan meminta bantuan para penghuni dunia maya untuk membantu mengembangkan robot underwater ini.

"Kami membangunnya bersama. Ia (David) sangat mahir dalam bisnis dan menyatukan semua orang. Ia mengerti hal-hal yang tidak aku mengerti, dan begitupun sebaliknya," kata Eric ketika berbicara dalam seminar Robotics Fair yang diselenggarakan oleh @america, Pacific Place Mall, Jakarta pada hari Rabu (20/8) siang.

OpenROV juga merupakan sebuah komunitas pecinta robotik dari seluruh dunia. Semua orang yang bergabung dalam OpenROV bekerja sama untuk menciptakan dan mengembangkan robot pengeksplor luatan yang lebih terjangkau, lebih mudah diakses. Eric Stackpole dan David Lang pun menjual seperangkat robot ROV yang bisa Anda rakit sendiri di rumah.



Bermula di garasi
Proyek ini pertama kali dimulai di garasi di Cupertino, sekumpulan pria berkumpul dengan keinginan yang sama: Mengeksplor goa bawah laut. Setelah menemukan komunitas co-developers di situs web Kickstarter, proyek ini pun berkembang menjadi sebuah jaringan yang terhubung, menjelajahi lautan dan danau di dunia. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox