atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Sensor Internet Rusia Sasar Sosmed dan Blogger

By Atjehcyber.net on 8/03/2014 | 10.00


Internet mungkin merupakan satu-satunya ranah yang sampai saat ini cukup bebas untuk digunakan sebagai sarana mengungkapkan pendapat di Rusia. Tetapi peraturan terbaru yang diterbitkan oleh pemerintah Negeri Beruang Merah mengancam kebebasan di jejaring sosial.

Peraturan baru tentang kebebasan internet telah resmi diberlakukan Jumat (01/07/14) kemarin di seantero Rusia. Efeknya pun tak main-main, para pengelola website atau situs dan blog yang berhubungan dengan Rusia kini tak lagi bisa menyembunyikan identitasnya.

Menurut penjelasan dari pemerintah Rusia, para blogger dengan situs yang telah memiliki lebih dari 3000 pembaca dari Rusia wajib mendaftarkan identitas resmi mereka ke pemerintah.

Yang lebih membuat blogger berkeringat dingin, pemerintah Rusia lewat Roskomnadzor (regulator resmi pemerintah untuk urusan website) bisa secara langsung memblokir website yang melanggar peraturan baru tersebut tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bulan lalu saja, sebuah akun Twitter yang terus 'berkicau' tentang dokumen pemerintah Rusia diblokir setelah pemerintah Rusia memaksa pengelola salah satu jejaring sosial terbesar di dunia tersebut.

Lebih jauh, sosial media macam Facebook harus membuat server khusus untuk menyimpan data pengguna akun yang berasal dari Rusia. Peraturan ini dibuat agar pemerintah Rusia bisa dengan mudah melakukan inspeksi terhadap data-data warganya. Banyak yang menganggap langkah protektif ini sebagai respon dari isu aksi pengambilan data secara ilegal dari pemerintah Amerika Serikat. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox