atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

'Silent Spring' Kembali, Jumlah Serangga Menurun

By Atjehcyber.net on 8/02/2014 | 02.00


Di tengah kemajuan pesat bidang teknologi di berbagi bidang, apakah Anda merasakan ada yang berubah dari masa kecil Anda yang berhubungan dengan serangga?

Di banding lima atau sepuluh tahun yang lalu, kita masih bisa dengan mudah menemukan kupu-kupu atau kunang-kunang di sekitar rumah. Namun kini, spesies-spesies itu hampir tidak mungkin ditemui di kehidupan sehari-hari. Bahkan menurut prediksi terbaru ilmuwan, sekitar 322 spesies hewan telah punah dalam 500 tahun terakhir.

Dari jumlah tersebut, 16 hingga 33 persen di antaranya diketahui berasal dari jenis hewan tak bertulang belakang atau invertebrata. Dalam 40 tahun terakhir saja, tak kurang dari 45 persen populasi invertebrata yang terdiri dari serangga, udang, cacing, hingga laba-laba.

Di Inggris, serangga seperti kupu-kupu, kumbang, dan lebah mengalami penurunan populasi mulai dari 30 sampai 60 persen. Tak ayal, berkurangnya banyak spesies hewan invertebrata dikaitkan kembali dengan fenomena 'silent spring' ketika di musim semi yang seharusnya dipenuhi oleh serangga menjadi sepi. Bahkan, ilmuwan kini membuat fenomena baru yang diprediksi segera terjadi, yakni 'empty forest'.

Fenomena 'empty forest' diperkirakan terjadi saat hutan hijau khas daerah khatulistiwa di dalamnya tidak terdapat kehidupan hewan invertebrata, khususnya serangga. Hal ini secara tidak langsung bisa sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Sebab, hampir 75 persen proses penyerbukan tumbuhan untuk bahan pangan dunia dibantu oleh serangga dan hewan invertebrata lain.

Oleh sebab itu, para peneliti menganjurkan manusia untuk berhenti mengeksploitasi alam secara berlebihan serta tidak hanya melihat keanekaragaman hewan dari jenisnya saja. Tetapi harus memperhatikan jumlah populasi 'asli' mereka di alam. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox