atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Belanda: Pusat Data Baru Google Menyedot Biaya Hingga Rp9,2 Triliun

By Atjehcyber.net on 9/26/2014 | 09.00


Amsterdam - Google terus meningkatkan investasi mereka dengan membangun pusat data baru di Belanda. Tidak tanggung-tanggung, pusat data baru Google ini menyedot biaya hingga 600 juta euro atau sekitar Rp9,2 triliun.

Proyek pusat data ini akan diperkirakan akan rampung sekitar empat tahun. Adapun lokasi pusat data ini terletak di wilayah Eemshaven, Belanda. Dikerahkan sekitar 1.000 orang pekerja konstruksi dengan status tenaga lepas.

Google berharap dapat memulai operasi awal di data center anyarnya ini pada semester pertama 2016 dan akan beroperasi penuh pada akhir 2017.

Mengutip 9to5google, pusat data ini akan menciptakan lapangan kerja bagi lebih dari 150 orang tenaga ahli full time dan tenaga kontraktor. Pekerjaan di pusat data ini memerlukan para ahli bidang ilmu komputer, termasuk teknisi IT, insinyur listrik dan mekanik.

Selain itu, pusat data Google ini merekrut tenaga-tenaga katering, petugas fasilitas dan staf keamanan.

Pusat data Google di Belanda didesain dengan konsep terbaru, dengan sistem pendinginan dan teknologi listrik yang hemat daya. Pusat data ini hanya menggunakan kurang dari 50 persen energi untuk pasokan daya ke datacenter dan menggunakan energi terbarukan.

Dalam waktu dekat, Google juga memiliki rencana untuk memperluas pusat datanya yang terbaru di lokasi di Irlandia (Dublin), Finlandia (Hamina), dan di Belgia (St Ghislain). [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox