atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Teleskop Hubble Tangkap Objek Unik Luar Angkasa

By Atjehcyber.net on 9/13/2014 | 08.30


CALIFORNIA - Teleskop Hubble milik badan antariksa Amerika Serikat, NASA menemukan bintang yang tampak berdekatan dengan tipe langka supernova.

Dilansir Gizmag, Kamis (11/9/2014), temuan tersebut mengungkapkan bahwa bintang pendamping bisa menjelaskan kehancuran dari bintang utama yang mengalami penuaan. Kabarnya, bintang utama mengalami keruntuhan atau ledakan yang memicu sebuah event supernova.

Fenomena yang terjadi di luar angkasa tersebut memungkinkan ilmuwan untuk meningkatkan pemahaman mereka terkait peran bintang pendamping dalam supernova Type IIb.

Ilmuwan juga menjelaskan bahwa bintang raksasa mengalami penurunan unsur hidrogen karena tarikan gravitasi dari bintang pendamping yang lebih besar dalam sistem biner.

Para astronom dapat memperkirakan luminositas atau tingkat terangnya bintang yang masih hidup dan massa bintang. Penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan lebih lanjut mengenai fenomena ledakan bintang di luar angkasa.

Supernova Type IIb pertama kali terdeteksi pada 1993. Supernova ini berlokasi di galaksi M81, yang berada di jarak 11 juta tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Ursa Major. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox