atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Apple Merek Termahal, Google Nomor Dua

By Atjehcyber.net on 10/12/2014 | 05.04



Dengan nilai sama-sama di atas 100 miliar dolar Amerika atau setara Rp1.200 triliun, Apple dan Google adalah merek termahal pertama dan kedua di dunia berdasarkan peringkat Best Global Brands.

Selama dua tahun berturut-turut, Apple mengungguli Google sebagai merek termahal di dunia.

Peringkat tersebut disematkan Interbrand kepada dua perusahaan asal Amerika Serikat ini, dengan mempertimbangkan tiga kriteria utama.

Selain melihat performa dari produk-produk dengan merek, penilaian juga dilakukan dengan melihat bagaimana merek mempengaruhi pilihan pelanggan, serta apakah produk tersebut bisa mendorong harga menjadi lebih tinggi.

Bernilai 118,9 miliar dolar, Apple meningkatkan nilai perusahaannya sebesar 21 persen dibanding tahun lalu, sementara merek Google yang bernilai 107,43 miliar, meningkat 15 persen dari tahun 2013.

"Pertumbuhan meteorik perusahaan Apple dan Google yang meningkat lebih dari 100 miliar dolar adalah benar-benar bukti dari penguatan brand building atau pencitraan produk," kata CEO Interbrands, Jez Frampton.

Di posisi ketiga ada Coca Cola dengan taksiran nilai mencapai 81 miliar dolar, naik 3 persen dari kondisi setahun lalu.

Beberapa perusahaan berbasis teknologi lain yang masuk 10 besar merek termahal adalah IBM (4), Microsoft (5), dan Samsung (8).

Berita baik juga datang dari peringkat serupa yang dicapai industri mobil, di mana empat perusahaan automobile, yakni Toyota (8), Mercedes-Benz (10), BMW (10) dan Honda (20), masuk dalam 20 besar.

Sementara tiga perusahaan mobil lain masuk ke dalam merek yang sedang naik daun, yakni Audi naik 27 persen, Volkswagen dan Nissan terlihat naik 23 persen.

Sementara itu, perusahaan Facebook merupakan merek yang nilainya juga melonjak tinggi dalam daftar tahun ini.

Perusahaan berbasis media sosial ini nilainya naik 86 persen dan menduduki peringkat ke 29, di mana sebelumnya menduduki peringkat 33.

Facebook telah tumbuh kembali tahun lalu, dengan jumlah pengguna aktif bulanan 1,32 miliar pengguna, angkanya naik 14 persen dari tahun sebelumnya.

Sementarea itu, merek Huawei dari Tiongkok menjadi perusahaan pertama yang mewakili Tiongkok yang berada dalam pemeringkatan tersebut.

Produsen smartphone terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple tersebut dilaporkan meningkatkan keuntungannya hingga 34,4 persen dari 3,38 miliar pada 2013, demikian dikutip CNN.

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox