atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Ilmuwan Buat Robot Ular yang Dapat Memanjat Pohon

By Atjehcyber.net on 10/11/2014 | 18.00


Adelaide - Para ilmuwan telah mengembangkan sebuah robot ular yang mampu merayap dan memanjat benda-benda layaknya ular sungguhan. Seperti apa?

Dilansir dari DailyMail, Biorobotics Lab di Universitas Carnegie Mellon baru-baru ini memamerkan RoboSnake, sebuah robot ular buatan mereka yang bisa bertengger di papan tulisan maupun di pohon.

Tapi mengapa ular? Para ahli berpendapat, ular merupakan predator puncak dengan mekanisme pergerakan canggih, memungkinkannya melewati beragam medan tanpa kesulitan. Dan salah satu spesies yang paling mengagumkan adalah Ular Derik.

"Ular adalah binatang juara untuk bergerak pada berbagai medan kompleks," ujar Marvi, salah satu peneliti.

Ular derik SideWinder bisa melewati hamparan pasir melalui pergerakan ‘menyampingnya’, metode ini ialah solusi keterbatasan pergerakan robot berkaki atau beroda.

Desain ular membuat RoboSnake mampu melewati tempat-tempat sempit yang tak terjangkau oleh mesin biasa.

Robot ini diproyeksikan bakal sangat berguna dalam operasi search-and-rescue, penyelamatan setelah gempa bumi, arkeologi, hingga pemeriksaan pembangkit listrik bertenaga nuklir.

Sebelum memulai perancangan, tim riset terlebih dulu mempelajari satu spesies Ular Derik (Crotalus Cerastes), secara intensif di Kebun Binatang Atlanta.

Para ilmuwan menempatkan pasir di ketinggian berbeda dan dibantu dengan kamera video berkecepatan tinggi.

Selain itu para ilmuwan juga menemukan bahwa sang ular juga melewati bukit pasir secara mudah, karena akan meminimalisir tekanan permukaan dengan menggunakan gerakan tubuh seperti ombak. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox