atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Ini Negara-Negara yang Berkompetisi Kembangkan Standar 5G

By Atjehcyber.net on 10/09/2014 | 11.00


CALIFORNIA - Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Eropa, China, Jepang dan Korea Selatan tertarik berkompetisi untuk mengembangkan standar 5G. Tiga dari negara yang disebutkan tersebut memiliki pengaruh yang luas terhadap standar 5G.

Menurut portal berita Sina, seperti dilansir Wantchinatimes, Rabu (8/10/2014), China dan Eropa diharapkan saling bekerjasama untuk pengembangan standar 5G. IMT-2020 (5G) Promotion Group milik China dan 5G Infrastructure Public-Private Partnership (5G PPP) milik Eropa, keduanya cenderung mempromosikan pengembangan standar 5G berdasarkan metode alokasi daya jaringan selular dan sistem.

Laporan Sina juga mengungkapkan, China dan Eropa mengambil manfaat dari kerjasama mereka dalam perumusan standar 4G dan menyingkirkan penyalahgunaan dari posisi dominan perusahaan Amerika Serikat di pasar 3G.

Institute of Electrical and Electronic Engineers atau IEEE asal Amerika Serikat cenderung mengembangkan standar 5G berdasarkan WiFi, yakni teknologi nirkabel area lokal. IEEE dianggap gagal pada awalnya untuk mengembangkan standar 3G dan 4G berbasiskan WiFi.

China dan Eropa diperkirakan akan mendapatkan keuntungan dari kolaborasi mengembangkan standar 5G pada sistem jaringan bergerak. Mereka bisa bersaing dengan perusahaan information and communication technology (ICT) Amerika Serikat, Intel yang sedang berusaha mengembangkan standar 5G berdasarkan WiFi.

Eropa memiliki pengaruh besar pada pengembangan standar 5G karena 5GPPP dan International Telecommunication Union, yang keduanya berlokasi di Eropa. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox