atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ini 10 Bahasa Asing yang Berguna untuk Dipelajari

By Atjehcyber.net on 11/05/2014 | 08.00


BELAJAR bahasa asing kini menjadi tren tersendiri di Indonesia. Tak cukup hanya menguasai bahasa Inggris saja, banyak orang, dari anak-anak hingga dewasa mulai membekali diri dengan bahasa asing lain.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh CBI Education & Skills, berikut 10 bahasa asing selain bahasa Inggris yang berguna untuk dipelajari:

1. Bahasa Jerman
Urutan pertama adalah bahasa Jerman. Bahasa ini menjadi sangat penting karena banyaknya pelajar maupun mahasiswa memilih untuk belajar di negara ini.

Selain biaya pendidikan murah, suasana beberapa kota yang ada di Jerman ini cukup mendukung. Tak hanya itu, negara ini juga banyak menawarkan beasiswa dan kesempatan magang bagi mahasiswa dari luar Jerman sehingga kemampuan bahasa Jerman tentu menjadi yang utama.

2. Bahasa Prancis
Untuk bahasa yang satu ini tak perlu ditanya lagi. Banyak orang kini memilih bahasa Prancis sebagai bahasa asing lain yang wajib dikuasai selain bahasa Inggris.

Bahasa yang selalu disebut sebagai bahasa paling romantis di dunia ini sangat penting untuk dipelajari karena untuk melanjutkan studi di negara ini, kemampuan bahasa Prancis yang dimiliki harus memiliki level mumpuni, bahkan jika memungkinkan setara dengan penutur asli.

3. Bahasa Spanyol
Bahasa yang satu ini tentu saja cukup populer di Eropa maupun di AS. Bahkan tak sedikit perguruan tinggi diwilayah tersebut yang memasukkan kemampuan bahasa Spanyol dalam persyaratan masuknya.

Tak hanya sekadar bisa, calon mahasiswa harus mengantongi DELE, yakni sertifikasi kemampuan berbahasa spanyol yang diakui secara internasional.

4. Bahasa Mandarin
Bahasa resmi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat daratan China ini memang menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari.

Tak hanya di Indonesia, nyaris di seluruh dunia bahasa resmi negara yang memiliki rakyat terbesar di dunia dengan kehidupan ekonomi yang bergerak dinamis ini sudah dipelajari oleh anak-anak sejak usia dini.

Biasanya, untuk sekolah-sekolah tertentu tak hanya mengajarkan bahasa Inggris saja tapi juga melengkapinya dengan bahasa Mandarin.

5. Bahasa Polandia
Tentu tak pernah terbayangkan untuk mempelajari bahasa ini. Namun, sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Uni Eropa ini, bahasa Polandia mulai menjadi bahasa yang patut dipelajari.

Pasalnya, makin banyak mahasiswa asing yang kini berdatangan untuk menuntut ilmu ke negara ini.

6. Bahasa Arab
Tak ada yang menyangkal pentingnya belajar bahasa Arab terutama untuk orang Indonesia. Tidak sekadar berguna untuk memperdalam ilmu agama, bahasa Arab ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi untuk berdagang dan mengembangkan perekonomian.

Selain itu, bahasa ini juga sangat membantu bagi orang yang datang untuk menunaikan ibadah haji atau umroh. Pasalnya kerap kali terjadi salah paham karena penguasaan bahasa seadanya.

7. Bahasa Kanton
Umumnya bahasa ini kerap digunakan di Hong Kong. Namun orang-orang berbahasa Kanton ini menyebar di berbagai belahan dunia dan kini tercata ada sekitar 70 juta penutur asli bahasa ini.

Bahasa ini tentu saja menjadi salah satu bahasa yang penting dipelajari mengingat banyak orang dari mana saja termasuk Indonesia berkunjung ke Hong Kong untuk menghabiskan waktu liburan dan berbelanja. Bahkan tidak sedikit juga yang memilih melanjutkan studi di negara ini.

8. Bahasa Rusia
Siapa sangka jika bahasa yang tampak rumit dengan bentuk huruf cyrillic-nya ini menjadi salah satu bahasa yang patut dipelajari di era modern ini.

Meski masih banyak orang yang belum memiliki keberanian menjamah negara yang merupakan pecahan Uni Soviet ini, kehidupan ekonominya berkembang dan menjadi salah satu negara eksportir yang tumbuh pesat.

Tak hanya itu, dari segi pendidikan negara ini juga mulai menjadi sasaran mahasiswa yang ingin mengambil gelar master atau doktor.

9. Bahasa Jepang
Sudah bukan rahasia jika, Jepang berhasil menarik perhatian orang di dunia termasuk Indonesia, melalui bombardir budaya Jepang baik dari film, musik, komik, hingga tren berpakaian (Harajuku).

Tentu tak puas hanya dengan tren berpakaian dan mengenal budaya saja, bahasa Jepang pun kemudian menjadi bahasa yang banyak diminati dan dipelajari.

Terlepas dari tren dan budaya, bahasa Jepang ini dianggap penting karena perdagangan dan penelitian di Asia dipegang oleh Negara Sakura ini sehingga untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya tentu harus mampu menguasai bahasa Jepang.

10. Bahasa Portugis
Bahasa Portugis tidak hanya digunakan di Portugal tapi juga di beberapa negara lain, termasuk Brazil. Hal ini tentu saja berkaitan dengan hajatan akbar Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Musim Panas 2016 di negara yang terkenal dengan tarian Samba itu.

Tidak hanya itu, Brazil kini juga menjadi salah satu negara yang masuk dalam enam besar kondisi ekonomi baik di dunia.

(*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox