atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Ditemukan Petunjuk Kehidupan, 19 Kilometer Dalam Bumi

By Atjehcyber.net on 1/16/2015 | 09.30


Kehidupan punya cara bertahan di tempat-tempat yang paling tidak memungkinkan sekali pun. Tidak hanya di wilayah terdalam lautan—Palung Mariana. Namun juga kemungkinan di bawah permukaan Bumi.

Bermil-mil jauhnya di dalam Bumi, sebuah bakteri mungkin eksis dan berkembang.

Penelitian baru, yang melanjutkan penelitian lapangan tim dari Yale pada tahun 1997 ini, menemukan tanda-tanda kehidupan di dalam tanah yang berkembang dengan pesat. Temuan mereka berdasarkan eksplorasi di wilayah pantai Pulau Lopez, barat laut Washington.

Ternyata, ilmuwan mengungkap adanya kandungan sebuah mineral kalsium karbonat yang disebut aragonit pada batu-batuan di sana, sehingga bisa menarik kesimpulan sementara keberadaan bakteri yang dapat bertahan hidup 12 mil (19,31 km) di bawah permukaan Bumi.

"Sebagaian besar laporan studi selama ini ada baru meneliti mikroba yang hidup di kerak Bumi hingga kedalaman tak sampai satu mil atau sekitarnya," kata Philippa Stoddard, yang memimpin penelitian, kepada Astrobiology Magazine.

"Dengan asumsi data kita tersebut benar, ini sangat memperluas pemahaman tentang kehidupan Bumi," tambahnya. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox