atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Google Adakan Kompetisi untuk Jelejahi Bulan

By Atjehcyber.net on 1/29/2015 | 14.00


California - Google mengadakan kompetisi robot penjelajah Bulan. Kompetisi ini diberi nama Google Lunar X-Prize. Seperti apa?

Kompetisi yang resmi dibuka pada 19 Februari 2011 lalu ini disponsori oleh Google dan diawasi oleh X Prize Foundation di Santa Monica, California.

Mengutip dari Tech Crunch, Google Lunar Xprize merupakan kompetisi dengan ide untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa ke bulan.

Robot penjelajah ini harus dapat berjalan hingga 500 meter dan melakukan transmisi baik video high definition maupun imajiner kembali ke Bumi, tepat ketika menginjak Bulan.

Google mencari lima orang pemenang dalam kompetisi Google Lunar Xprize ini, dan menjanjikan hadiah masing-masing US$ 5,25 juta, yang artinya akan ada total hadiah sekitar US$ 30 juta dalam kompetisi ini.

Hadiah tersebut merupakan rangkaian dari interim Milestone Prizes, yang memberikan hadiah per kategori unik, yakni kategori Landing (pendaratan di Bulan), kategori mobilitas (berjalan 500 meter) dan imaging (pengiriman imajiner kembali ke Bumi).

Sebelumnya terdapat tiga negara yang mampu berkompetisi dalam hal balapan menuju ruang angkasa sejak pendaratan tanpa awak di 1959.

Perkembangan teknologi sudah mereduksi ongkos perjalanan ke Bulan dari miliaran dolar menjadi hanya jutaan dolar.

Team Indus, salah satu peserta yang berasal dari Bangalore, India, bakal berkompetisi dengan Moon Express yang didanai oleh seorang milyuner. Dua tim ini sudah menerima US$1 juta dalam kategori Milestone Prizes. [*/inilah]

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox