atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Ogah Pakai iPhone Ini Alasan Edward Snowden

By Atjehcyber.net on 1/23/2015 | 00.30


Moskow - Edward Snowden, pembocor dokumen rahasia yang tadinya bekerja di Badan Keamanan Nasional AS, NSA, mengaku tidak mau menggunakan iPhone sebagai perangkat komunikasi sehari-hari. Mengapa?

Hal tersebut diungkap oleh pengacara Snowden, yakni Anatoly Kucherena. Kepada kantor berita RIA Novosti, Kucherena mengatakan bahwa kliennya tak pernah menggunakan iPhone, karena menurut Snowden, smartphone buatan Apple itu bisa diaktifkan dari jauh oleh pemerintah AS untuk memantau penggunanya.

"Edward tidak pernah menggunakan iPhone, ia pakai ponsel sederhana biasa. iPhone memiliki software khusus yang dapat mengaktifkan dirinya sendiri, bahkan ketika pengguna tidak menekan tombol apa pun," ujar Kucherena.

Kucherena mengatakan bahwa keputusan menggunakan atau tidak menggunakan iPhone adalah pilihan pribadi, namun Snowden mengatakan alasannya lebih dari aspek profesional.

Pengacara Snowden itu juga mengatakan bahwa saat ini kliennya cukup puas dengan kehidupannya bersama sang kekasih di Rusia.

Pada Juni 2013, Snowden membocorkan informasi tentang berbagai kegiatan spionase yang dilakukan oleh intelijen AS. Ia merupakan buronan pemerintah AS atas banyak tuduhan, termasuk pencurian properti pemerintah dan spionase. Pada Agustus 2013, Snowden diberikan suaka dan izin tinggal selama tiga tahun di Rusia.

Beberapa waktu lalu, Snowden mengatakan kepada media Inggris, The Guardian, bahwa Badan Intelijen Inggris juga telah menyadap percakapan email para wartawan yang bekerja untuk media besar. [*/inilah]
KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox